Wow, Omzet Bisnis Toilet di Pantai Klayar Capai 3 Juta Per Hari

oleh -Dibaca 1.361 kali
Bisnis Warung hingga toilet di Klayar laris manis. (Foto : Dok.Pacitanku)
Bisnis Warung hingga toilet di Klayar laris manis. (Foto : Dok.Pacitanku)
Bisnis Warung hingga toilet di Klayar laris manis. (Foto : Dok.Pacitanku)
Bisnis Warung hingga toilet di Klayar laris manis. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO—Keberadaan Pantai Klayar menjadi magnet wisata baru bagi masyarakat Indonesia. Selain menjadi alternatif liburan bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara, pantai Klayar juga menjadi mesin uang bagi warga di kawasan tersebut. Jika anda berkunjung ke Klayar yang terletak di desa Sendang, Donorojo, banyak ditemui pedagang makanan, mulai dari mie rebus, es kelapa muda hingga sea food. Selain makanan, jasa ojek ATV dan sepeda motor juga bisa dengan mudah anda temui disini.

Namun, salah satu jasa yang paling dicari pengunjung dengan omset melimpah adalah jasa toilet. Saking banyaknya pengunjung, keberadaan toilet menjadi salah satu bisnis yang mulai dilirik oleh pengusaha setempat. Tak tanggung-tanggung, omset bisnis toilet di pantai Klayar mencapai 3 juta sehari!

“Kalau bisnis makanan sudah banyak, lalu saya berfikiran membuat area yang paling sering dicari pengunjung, sehingga jasa toilet ini yang saya buat bersama teman – teman, dengan omset per hari mencapai 3 juta,” kata Anggris, salah satu pengelola toilet di kawasan pantai Klayar kepada Portal Pacitanku, Ahad (23/11/2014).

Dengan mengusung konsep toilet yang terintegrasi dengan tempat ibadah, Anggris pun meraup pundi – pundi rupiah dari jasa buang hajat para wisatawan ini. “Saya kira pekerjaan ini tidak hina, karena bagi saya yang penting memuaskan pengunjung dan menghasikan keuntungan yang optimal, jika itu bisa dilakukan dan menghasilkan, mengapa tidak?,” terang pria yang juga alumnus Universitas Negeri Semarang (Unnes) ini.

Namun demikian, Anggris tidak sendirian dalam menjalankan usaha toilet di pantai Klayar. Dengan dibantu oleh para karyawan, Anggris pun tiap hari mengais jutaan rupiah dari hasil jasa toilet ini. sehari – harinya, Anggris pun harus menunggui hingga wisatawan selesai menikmati keindahan pantai Klayar.

“Tidak mesti, kadang sampai jam 6, bahkan hingga jam 8 malam pun pernah. Dalam konsepnya, kita utamakan konsep toilet nyaman, bersih, itu sudah mmebuat pengunjung senang, apalagi ditunjang dengan harga murah, kisaran seribu hingga dua ribu, bisnis ini menjadi potensial disini,” pungkas pria yang juga anggota komunitas Sepeda Motor Tiger Indonesia ini. (DPPP001)