SMPN 1 Pacitan Sukses Kirim Dua Wakilnya di Final Lomba Menulis Cerita Kemendikbud

oleh -Dibaca 1.538 kali
Sri Utami dan dua siswa SMPN 1 Pacitan. (Foto : Antara/Kemendikbud)
Sri Utami dan dua siswa SMPN 1 Pacitan. (Foto : Antara/Kemendikbud)
Sri Utami dan dua siswa SMPN 1 Pacitan. (Foto : Antara/Kemendikbud)
Sri Utami dan dua siswa SMPN 1 Pacitan. (Foto : Antara/Kemendikbud)

Pacitanku.com, BOGOR—Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Pacitan berhasil mengirimkan dua wakilnya dalam Lomba Menulis Cerita (LMC) tingkat SMP/MTs yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kemendikbud. Tercatat, dari 15 finalis yang ditetapkan, dua diantaranya berasal dari SMP yang terletak di pusat kota Pacitan itu.

Prestasi yang ditorehkan oleh SMPN 1 Pacitan ini tentu dilakukan berkat kerja keras dari semua pihak, salah satunya adalah Sri Utami, pembina kegiatan ekstrakurikuler Pelangi Sastra SMP Negeri 1 Pacitan, Jawa Timur.

Setiap hari Kamis pukul 15.00-17.00 WIB, ia membimbing siswa peminat sastra memperdalam penulisan puisi, cerpen, dan musikalisasi puisi. Kesuksesan ini mengulang prestasi dua tahun sebelumnya yang juga mengirim dua finalis pada lomba yang sama.

“Peserta pengembangan diri kesusastraan di sekolah kami memang tidak banyak, sekitar 35-40 siswa per tahun. Tapi, alhamdulillah, untuk ke tingkat provinsi, kami sering juara I dan pada FLS2N di Makassar tiga tahun lalu pernah juara I,” ujar Sri di Bogor, Jawa Barat, Selasa (11/11), dilansir dari Antara.

Ketika LMC diumumkan di majalah dinding sekolah, Sri menyilakan para siswa mengirim cerita pendek terbaiknya. Dari sekian naskah yang ia terima, terpilih 12 naskah terbaik dan dikirim ke panitia LMC.  Nyatanya, para penulis naskah adalah siswa yang mengikuti Pelangi Sastra.

Sri berharap workshop dan penjurian final LMC terus berjalan. Ia sangat yakin acara tahunan yang dibidani oleh para sastrawan dan akademisi ini melahirkan penulis-penulis belia yang andal. “Mereka bisa menjadikan menulis sebagai profesi yang menunjang hidupnya,” ungkapnya.

Diketahui, workshop dan penjurian final LMC merupakan kelanjutan dari penyelenggaraan LMC. Sebanyak 30 finalis LMC tingkat SD/MI dan SMP/MTs diundang untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung pada 10-14 November ini. Di akhir acara, akan ditetapkan para juara yang berhak mendapatkan hadiah berupa piala, sertifikat, dan uang tunai. (RAPP002)