Pacitan-Serdang Bedagai Galang Kerjasama Bidang Kelautan dan Perikanan

oleh -Dibaca 1.319 kali
Bupati Pacitan dan Pemkab Sergai berfoto bersama. (Foto : Matatelinga.com)
Bupati Pacitan dan Pemkab Sergai berfoto bersama. (Foto : Matatelinga.com)
Bupati Pacitan dan Pemkab Sergai berfoto bersama. (Foto : Matatelinga.com)
Bupati Pacitan dan Pemkab Sergai berfoto bersama. (Foto : Matatelinga.com)

Pacitanku.com, SERDANG BEDAGAI—Sebagai bentuk kerjasama membangun bidang kelautan dan perikanan, Pemerintah Kabupaten Pacitan menggalang kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) di bidang pembangunan tersebut.

Seperti diketahui, Pacitan memiliki garis pantai yang luas, sehingga potensi perikanan dan kelautan menjadi sektor pembangunan potensial. Begitu juga halnya dengan Sergai, yang merupakan kota di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) kaya akan potensi pertanian, kelautan dan perikanannya,

Kerjasama dua daerah ini ditandai dengan kunjungan kerja yang dilakukan Pemkab Pacitan ke Sergai yang diterima langsung oleh Bupati Sergai, Soekirman didampingi Sekda Haris Fadillah, beserta jajaran pejabat Pemkab Sergai, di aula Theme Park Pantai Cermin, Ahad (2/11/2014).

Dalam sambutannya, Bupati Indartato menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan study banding ini untuk mempelajari pengelolaan khususnya bidang-bidang potensial di Sergai diantaranya bidang perikanan dan kelautannya, pertanian, pariwisata dan UMKM.

“Persamaan potensi yang dimiliki Kabupaten Pacitan dengan potensi yang ada di Kabupaten Sergai di bidang perikanan laut. Pacitan memiliki garis pantai sepanjang 70,71 kilometer dengan wilayah laut seluas 524 kilometer persegi. Tentu saja, kondisi itu memiliki potensi cukup besar dalam bidang perikanan. Sehingga, kekayaan alam itu merupakan peluang sekaligus tantangan Pemkab untuk memanfaatkan sumberdaya alam laut secara optimal,” ungkapnya dilansir dari Matatelinga.com.

Akan tetapi, Indartato menyampaikan bahwa pemanfaatannya dan pengelolaannya belum maksimal dengan keterbatasan sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana, penguasaan teknologi, permodalan maupun akses pasar.

“Maka dari itu, pengelolaan sumberdaya laut memerlukan beberapa strategi, sehingga berharap banyak hal positif yang kita dapatkan dalam kunjungan ke daerah ini serta ditindaklanjuti dan memberikan motivasi demi kemajuan pembangunan Kabupaten Pacitan,” imbuhnya.

Sementara, Bupati Soekirman menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kunjungan khusus Bupati Pacitan beserta jajarannya di Kabupaten Sergai.  Dikatakan Soekirman, Kabupaten Sergai memiliki sektor andalan diantaranya bidang pertanian, perikanan dan pariwisata, semua potensi tersebut menunjang.

“Pemkab Tanah Bertuah Negeri Beradat sangat terbuka untuk bekerjasama dengan Kabupaten Pacitan, dan diharapkan melalui kunjungan ini kedua kabupaten bisa bertukar informasi terkait dengan pembangunan daerah,” katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Indartato yang didampingi Sekda Suko Wiyono berkesempatan melihat langsung lokasi pengembangan usaha budidaya ikan kerapu di Desa Pantai Cermin Kiri dan usaha pembibitan jambu madu dan kelapa muda di Desa Kota Pari di Kecamatan Pantai Cermin. (RAPP002)