Tingkatkan Pembangunan Pariwisata, Disbudparpora Pacitan Gelar Kunjungan Kerja ke Bali

oleh -Dibaca 1.396 kali
Suasana Pasir Putih Klayar (Dok.Pacitanku)
Suasana Pasir Putih Klayar (Dok.Pacitanku)
Pantai Klayar dinominasikan salah satu kawasan geopark Pacitan. (Foto : Dok. Pacitanku)
Pantai Klayar salah satu keunggulan wisata di Pacitan. (Foto : Dok. Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Pacitan sebagai daerah dengan potensi wisata yang melimpah menjadi sektor potensial untuk dikembangkan. Namun demikian, pengembangan wisata di Pacitan yang belum sepenuhnya maksimal menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Untuk mengembangkan aspek pembangunan pariwisata daerah, Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan menggelar kunjungan kerja wisata ke Provinsi Bali, Jumat (31/10) hingga Ahad (2/11) esok.  Dalam kunjungan kerjanya ke Bali, rencananya Pacitan akan belajar banyak mengenai pengembangan pariwisata di Provinsi yang dikenal dengan Pulau Dewata itu.

“Bali kan surga pariwisata di Indonesia, dan selama ini kita mengenal Bali, pengelolaan pariwisatanya sangat baik, sehingga dari sektor itu Bali bisa menyejahterakan masyarakatnya, nah Pacitan akan belajar terkait hal itu,” kata Wasi Prayitno, Kepala Disbudparpora Pacitan saat dihubungi Portal Pacitanku, Jumat (31/10/2014).

Dalam kunjungan kerjanya ke Bali itu, imbuh Wasi, Pacitan akan belajar banyak tentang strategi pengelolaan pariwisata daerah, dari pemeliharaan hingga pemasaran, sehingga diharapkan potensi wisata di Pacitan bisa semakin dikenal dan mampu menyejahterahkan masyarakat Pacitan.

“Kalau dilihat secara potensinya, Pacitan tak kalah dengan Bali, alam kita memiliki daya pesona yang sangat indah, namun yang diperlukan disini kita belajar tentang startegi pengembangannya,” tandasnya.

Seperti diketahui, obyek wisata di Pacitan memang memiliki keunikan dan keindahan tersendiri. Bahkan beberapa obyek wisata pantai, seperti Pantai Klayar, dianggap sebagian kalangan lebih indah dari pantai yang ada di Bali.

“Pengunjungnya pun semakin banyak mas, tahun ini saja pengunjung semua obyek wisata di Pacitan hampir mencapai satu juta orang, dengan rincian obyek wisata yang sudah dikelola Pemda, swasta dan swadaya masyarakat setempat,” ungkap Wasi.

Dengan  potensi alam dan peluang pengembangan yang baik, Wasi optimistis hasil kunjungan kerja ke Bali akan bermanfaat bagi pengembangan pariwisata di Pacitan. “Semoga hasilnya bisa bermanfaat mas,” pungkasnya. (DP-PP001)