Ekskavator Jatuh dari Truk, Jalur Menuju Pacitan Macet

oleh -13585 views
EkskavatorJatuh. (Foto : Tribun)
EkskavatorJatuh. (Foto : Tribun)

Pacitanku.com, PONOROGO—Jalur provinsi yang menghubungkan Ponorogo – Pacitan dan Ponorogo Trenggalek macet selama hampir dua jam, Kamis (30/10/2014) setelah ekskavator terjatuh di depan RSUD dr Hardjono, Kabupaten Ponorogo tepatnya di Kelurahan Paju, Kecamatan Ponorogo. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa larinya ekskavator dari truk bernopol AE 9182 UE yang mengangkutnya itu. Akibatnya, truk oleng dan memicu besi pengikat eksavator terlepas hingga eksavator terguling dan menutup jalan itu.

Namun demikian, kemacetan dari kedua arah di jalur propinsi itu sempat macet total. Lantaran ekskavator yang dibawa dari JL Mayjend Sungkono, Kelurahan Nambangan Lor, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun yang hendak dikirim ke Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo menutup lebih dari separuh jalan propinsi itu. Dugaan sementara, eksavator terlepas dari truk pengangkut yang dikemudikan Setya Tri (21) warga JL Mayjend Sungkono Kota Madiun itu lantaran adanya jalan bergelombang di jalur utama itu.

Awalnya truk bak terbuka yang membawa ekskavator (buldoser) itu melaju dari arah Ponorogo (utara) menuju Pacitan (selatan). Rencananya eksavator milik Huller Raya Madiun itu ke wilayah Kecamatan Bungkal. Namun saat truk bermuatan ekskavator melintas di depan RSUD dr Harjono Ponorogo ada jalan bergelombang dan badan jalan ambles. Seketika truk oleng dan tali pengikat eskavator dengan truk putus hingga terlepas.

“Saya tidak melaju kencang karena muatan berat. Tetapi karena jalan bergelombang akhirnya truk oleng dan talinya putus menyebabkan buldoser (ekskavator) meluncur dari atas truk terjatuh dan terguling melintang di tengah jalan raya,” terang Setya Tri sopir truk pengangkut eksavator dilansir dari Surya, Kamis (30/10/2014).

Sedangkan saksi pemilik warung kopi di depan lokasi kejadian, Mbah Sumi mengaku kaget ketika ada suara dentuman keras hingga warungnya bergetar. Usai dicek keluar ternyata ada eskavator jatuh. “Untung pengendara motor Vixion di belakang truk pengangkut alat berat ini tak melaju kencang. Kalau tak mengerem bisa jadi akan tertimpa buldoser yang jatuh itu,” ungkapnya.

Sementara salah seorang anggota Satuan Lantas Polres Ponorogo, Brigadir Denny menegaskan terjatuhnya alat berat itu dari truk yang mengankutnya dipicu jalan bergelombang. Selain itu, tali pengikatnya putus karena goncangan kuat truk itu.

“Ekskavator meluncur dari atas ke jalan. Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Hanya kerusakan ringan pada alat berat. Kami bakal menarik dan mengevakuasi eksavator melintang ini sembari mengatur arus lalu lintas agar tak menumpuk dengan membuat jalur sistem buka tutup,” pungkasnya. (RAPP002)