Jatim Fair 2014 Digelar di Surabaya, Pacitan Pamerkan Produk Batik dan Akik Kalsedon

oleh -13538 views
Jatim Fair 2014 di Surabaya. (Foto : Lena)
Jatim Fair 2014 di Surabaya. (Foto : Lena)

Pacitanku.com, SURABAYA—Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Jawa Timur ke 69, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim menggelar Jatim Fair 2014. Acara megah yang digelar di Grand City Mall Surabay tersebut berlangsung mulai 9-19 Oktober 2014.

Perhelatan Jatim Fair kali ini juga diikuti peserta dari sembilan propinsi, 31 Kabupaten/ Kota, 31 SKPD, dan 14 BUMN dan BUMD. Kabupaten Pacitan adalah salah satu diantara 85 peserta Jatim Fair tersebut. Kabupaten yang terletak di ujung Jatim ini pun memamerkan produk dan industri kreatif karya Pacitan, diantaranya adalah batik Pace, batik saji dan batik motif Pacitan lainnya. Selain itu, salah satu produk unggulan yang dipamerkan adalah batu mulia akik Pacitan.

Beberapa negara sahabat juga ikut serta dalam ajang eksebisi terbesar di Jatim tersebut. Seperti dari negara-negara Polandia, Jepang, Belanda, Perancis, Thailand, Selandia Baru, dan Korea.

Agenda pameran produk industri kreatif ini sendiri dibuka langsung oleh Gubernur Jatim, Soekarwo pada Kamis (09/10/2014). Pria yang akrab dipanggil Pakdhe Karwo ini menyampaikaan bahwa Jatim saat ini sudah memiliki 6,8 juta UMKM. Dari jumlah tersebut sebanyak 266 ribu UMKM telah mengekpor produknya ke luar negeri. “Jawa Timur siap untuk menghadapi ASEAN Community 2015,” katanya.

Produk batu akik Pacitan selama ini memang dikenal sebagai produk unggulan di Pacitan. Bahkan kualitas batu akik Pacitan diakui di Indonesia, bahkan luar negeri, salah satu yang merupakan batu akik unggulan adalah batu akik kalsedon.

Dalam agenda Jatim fair 2014 kali ini, selain pameran produk unngulan juga dimeriahkan hiburan oleh artis ibukota, diantaranya Raisa, Glenn Fredly, Andra ‘n The Backbone, J’Rock, Shaggy Dog dan Sheila on 7. (DP-PP001)