Pilkada Pacitan Akan Digelar November 2015

oleh -101.210 views
Pendopo Kabupaten Pacitan (Dok.Pacitanku)
Pendopo Kabupaten Pacitan (Dok.Pacitanku)
Pendopo Kabupaten Pacitan (Dok.Pacitanku)
Pendopo Kabupaten Pacitan (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Usai Pemilihan Presiden (Pilpres) yang baru saja usai digelar Juli dan Agustus tahun ini, tahun depan, tepatnya bulan November 2015, Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Pacitan akan kembali digelar. Pilkada akan digelar November karena Bupati Pacitan Indartato dan Wakil Bupati Pacitan Soedjono mengakhiri jabatan pada 21 Februari 2016.

Selain Pacitan, setidaknya 17 daerah juga akan menggelar Pilkada sepanjang tahun 2015 tersebut. Data dari Biro Administrasi Pemerintahan Umum Setdaprov Jatim, 18 daerah yang menggelar pilkada pada tahun 2015 adalah, Kabupaten Ngawi (April), Kota Blitar, Lamongan, Ponorogo, Kabupaten Kediri (Mei), Situbondo, Jember, Gresik, Kota Surabaya (Juni).

Kemudian Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Banyuwangi, Sumenep, Kabupaten Malang (Juli), Sidoarjo (Agustus), Kabupaten Blitar (Oktober), dan Pacitan (November).

Dilansir dari Surya, Kepala Biro Biro Administrasi Pemerintahan Umum Setdaprov Jatim, Suprianto mengatakan, waktu pelaksanaan pilkada tersebut digelar minimal tiga bulan sebelum masa jabatannya kepala daerah berakhir. Misalnya, Pilkada Ngawi digelar bulan April 2015, karena 27 Juli 2015 jabatan Bupati Budi Sulistiyono dan Wakil Bupati Ony Anwar berakhir.

“Saat ini, kita mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk menyongsong gelaran Pilkada di 18 Kabupaten/Kota tersebut,” ujar Suprianto.

Demikian juga dengan Surabaya, Pilkada digelar Juni 2015, karena jabatan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana berakhir tanggal 28 September 2015.

Redaktur : Robby