Terminal Tipe A Pacitan Dilengkapi Panel Tenaga Surya

oleh -101.595 views
Peresmian Terminal Pacitan. (Foto : Wasi Prayitno)
terminal pacitan (dok.Pacitanku)
Terminal pacitan (dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Keberadaan Terminal Pacitan yang baru tidak hanya menjadikan fasilitas publik di Pacitan ini nyaman bagi masyarakat, akan tetapi ternyata teknologi yang dikembangkan dibalik pembuatan terminal terbesar di Pacitan ini juga teknologi ramah lingkungan.

Terminal Pacitan yang masuk kategori terminal tipe A ini dilengkapi dengan pemasangan panel tenaga surya di lingkungan terminal dengan kapasitas 70 KW. Tenaga surya ini bertujuan untuk mendukung penyediaan energi yang terbarukan dan lebih ramah bagi lingkungan serta pada akhirnya dapat membantu menunjang operasional terminal.

Selain panel surya, seperti halnya fasilitas publik lain, terminal yang terletak di Ploso ini terdiri dari fasilitas utama, fasilitas penunjang, dan fasilitas umum, yang antara lain berupa ruang kantor, pelataran, beberapa bangunan kios dan tempat penjualan tiket yang telah tertata dengan baik.

Seperti diketahui, terminal bus terbesar di Pacitan ini selesai dibangun dalam lima tahap yang dimulai sejak tahun anggaran 2010 sampai dengan tahun anggaran 2014 dengan dana total sebesar Rp 41,5 miliar. Terminal ini baru saja diresmikan hari ini, Rabu (27/8/2014) oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Suroyo Alimoeso.

Usai diresmikan, terminal ini kedepan akan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Redaktur : Robby Agustav