Usai Diresmikan, Pacitan Kini Memiliki Terminal Bus yang Nyaman

oleh -102.149 views
Peresmian Terminal Pacitan. (Foto : Arif Sasono)
Peresmian Terminal Pacitan. (Foto : Arif Sasono)
Peresmian Terminal Pacitan. (Foto : Arif Sasono)
Peresmian Terminal Pacitan. (Foto : Arif Sasono)

Pacitanku.com, PACITAN—Setelah melalui proses pembangunan selama lima tahun, terminal bus Tipe A di Kabupaten Pacitan dengan fasilitas nyaman akhirnya diresmikan, Rabu (27/8/2014). Peresmian ini sendiri langsung dilakuka oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Suroyo Alimoeso.

Selain Suroyo, peresmian ini juga dihadiri oleh para tokoh setempat, seperti Bupati Kabupaten Pacitan, Indartato dan beberapa tokoh terkait.

Suroyo, yang juga merupakan putra Pacitan ini, menyampaikan bahwa terminal penumpang merupakan salah satu elemen penting dalam jaringan transportasi jalan. Selain berfungsi sebagai pusat transportasi darat, terminal juga berperan penting dalam menunjang kelancaran distribusi penumpang dalam rangka meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ).

Pembangunan Terminal Penumpang Tipe A Kabupaten Pacitan ini merupakan salah satu dari kegiatan pembangunan terminal penumpang yang dikerjakan oleh Satuan Kerja Direktorat Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) pada tahun anggaran 2014.

Lebih lanjut, Suroyo meminta kepada Pemda Pacitan untuk mengoperasikan terminal tersebut dengan baik sesuai dengan fungsi teknis terminal. “Saya harap Pemerintah Kabupaten Pacitan untuk memelihara aset terminal dengan baik,” ujar Suroyo Alimoeso.

Usai diresmikan, maka kedepan sepenuhnya pengoperasian dan pemeliharaan terminal ini dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pacitan.

Seperti diketahui, terminal bus terbesar di Pacitan ini selesai dibangun dalam lima tahap yang dimulai sejak tahun anggaran 2010 sampai dengan tahun anggaran 2014 dengan dana total sebesar Rp 41,5 miliar.

Dalam acara peresmian ini, selain penyerahan fungsi pengelolaan terminal kepada Pemkab, juga dimeriahkan berbagai acara, seperti kesenian reog, tari Pacitan Bumi Kaloka, hingga musik band artis setempat.

Redaktur : Robby Agustav