Pantura Macet Parah, Ratusan Penumpang Bus di Terminal Pacitan Terlantar

oleh -Dibaca 1.243 kali
Terminal Pacitan
Ilustrasi Mudik Pacitan
Terminal Pacitan
Ilustrasi Mudik Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN—Akibat kemacetan parah yang terjadi di kawasan pantai utara (Pantura) Jawa Tengah, tak kurang dari seratus penumpang arus balik di terminal bus Kabupaten Pacitan, Jawa Timur terlantar akibat armada bus pengangkut terlambat datang.

Selain bus yang terlambat datang, para penumpang tersebut juga mengeluhkan mahalnya harga tiket bus jurusan Jakarta. Harga tiket yang mencapai lebih dari Rp400 ribu terasa memberatkan, karena pada hari-hari biasa harga tiket tak lebih dari Rp200 ribu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kemacetan menjadi biang utama dari keterlambatan. Jika biasanya waktu tempuh Pacitan-Jakarta tak lebih dari 24 jam, maka saat arus mudik dan balik lebaran kali ini bisa lebih dari 30 jam.

“Sampai detik ini, kami belum mendapat kepastian (dari agen) kapan bus akan datang,” kata Jumin (40), salah satu calon penumpang bus patas tujuan Jakarta, Senin (4/8/2014) dilansir dari kantor berita Antara.

Jumin mengaku telah berada di terminal sejak pukul 07.00 WIB, bersama istri dan dua anggota keluarganya. Warga Kecamatan Arjosari ini bermaksud kembali ke tempat kerjanya di Jakarta. Namun karena jadwal kedatangan bus belum dapat di pastikan, sementara waktu ia berencana istirahat di rumah salah satu kerabatnya yang tak jauh dari terminal.

Terlantarnya penumpang sendiri mulai terjadi sejak Minggu (3/8) malam. Mereka yang terlantar umumnya adalah penumpang dari wilayah luar Kecamatan Pacitan. Selain menunggu di area keberangkatan bus, sebagian di antaranya juga memanfaatkan fasilitas lain di terminal untuk tidur, seperti mushola maupun kantor Unit Pelayanan Teknis (UPT) Terminal Bus Tipe A Pacitan.

Redaktur : Robby Agustav