Mahasiswa UMM Ini Ajak Anak-anak Mencintai Penyu Pantai Taman Sejak Dini

oleh -Dibaca 854 kali
Outbond penyu di Pantai Taman. (Foto : UMM/Pacitanku)
Outbond penyu di Pantai Taman. (Foto : UMM/Pacitanku)
Outbond penyu di Pantai Taman. (Foto : UMM/Pacitanku)
Outbond penyu di Pantai Taman. (Foto : UMM/Pacitanku)

Pacitanku.com, NGADIROJO—Keberadaan habitat penyu sekarang lambat laun mulai jarang, sehingga kebutuhan untuk melakukan konservasi penyu terus digalakkan, tak terkecuali mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Saat melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pantai Taman, Desa Hadiwarno, Ngadirojo, Pacitan, mahasiswa dari KKN 83 UMM mengajak anak – anak setempat untuk mencintai penyu dengan cara konservasi salah satu hewan yang lucu tersebut.

Melalui agenda outbond, para mahasiswa KKN tersebut mengadakan game edukasi tentang penyelamatan penyu di konservasi belum lama ini. Tim Divisi Pendidikan mengajak serta anak-anak mulai dari jenjang TK sampai dengan SD yang berada di sekitar Dusun Taman, Desa Hadiwarno, Pacitan untuk belajar sambil bermain outbond dengan tema penyelamatan penyu.

“Kita bermai dengan dimulai dari pencarian telur penyu sampai pelepasan ke laut lepas,” kata Agung dalam keterangan persnya yang diterima Portal Pacitanku.

Tujuan diadakannya acara in, menurut Agung adalah agar menumbuhkan rasa untuk melindungi dan membantu penyu senantiasa lestari di alam ini. Penyu yang merupakan salah satu peninggalan hewan purba perlu pelestarian dan pengamanan yang lebih.

Dalam pelaksanaannya, kata Agung, peserta outbond diajak untuk bermain permainan tradisional berupa gobak sodor untuk membangkitkan semangat. “Selanjutnya, panitia outbond dari Tim Pendidikan KKN 83 mengajak peserta outbond untuk berlomba mencari telur penyu buatan yang telah dipersiapkan dan diletakkan di dalam pasir,” katanya.

Agenda selanjutnya, imbuh Agung, adalah permainan mencari telur penyu usai para peserta outbond diajak untuk lebih mengenal tentang penyu, mulai dari penyu bertelur sampai menetas dan tumbuh dewasa, serta mengenalkan berbagai jenis penyu dan karakteristiknya.

“Sementara agenda terakhir dari kegiatan outbond adalah evaluasi dengan memberikan beberapa pertanyaan seputar penyu yang telah dijelaskan sebelumnya. Tim peserta outbond yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan dinobatkan sebagai pemenang,” pungkasnya.

Redaktur : Dwi Purnawan (Ikuti di twitter @dwi_itudua)