Kethek Ogleng, Perahu dan Penganten Ronthek Tumplek Blek di Pusat Kota Pacitan

oleh -1.622 views
Kethek Ogleng Tampil di Ronthek Pacitan. (Foto : Sulthan/Pacitanku)
Kethek Ogleng Tampil di Ronthek Pacitan. (Foto : Sulthan/Pacitanku)
Kethek Ogleng Tampil di Ronthek Pacitan. (Foto : Sulthan/Pacitanku)
Kethek Ogleng Tampil di Ronthek Pacitan. (Foto : Sulthan/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pelaksanaan Festival Ronthek Pacitan 2014 yang telah memasuki hari terakhir semakin mengundang decak kagum bagi para pengunjung di arena wisata budaya termegah di Pacitan ini. Kamis (24/7/2014) malam, 12 tim terakhir dari total 36 tim ronthek malam ini menyajikan penampilan terbaiknya untuk memukau para pengunjung.

Dari pantauan Portal Pacitanku, semua peserta membawa keunikan dan kekhasan daerah masing – masing. Seperti yang tersaji saat tim ronthek Irama Manunggal dari Desa Mentoro menunjukkan performanya. Desa yang bersebelahan dengan pantai ini menggunakan kapal atau perahu sebagai kendaraan.

Kostum khas laut juga ditampilkan oleh tim dari Sidoharjo Pacitan. Para penari yang semuanya pria ini mengambil tema pantai Teleng Ria, sehingga kostumnya pun lengkap dengan ciri khas nelayan.

Aksi tak kalah menarik juga ditunjukkan Kelurahan pacitan, yang membawa penganten ronthek. Selain itu, Sirnoboyo juga dengan tim yang bertajuk Gema Surya membawa tema samudera, lengkap dengan pasukan pelampung dan mobil ikan hiu.

Yang menarik, penampilan Sirnoboyo kali ini dimeriahkan dengan kedatangan Hanoman si Kethek Ogleng, dan menambah semarak suasana festival ronthek Pacitan tahun ini berkat aksi kocak sang kera tersebut.

Rencananya, seusai lomba ronthek Pacitan tahun ini, pemenang lomba akan diumumkan bertepatan dengan peringatan Upacara 17 Agustus di Pendopo Pacitan. Pemkab juga berencana akan mematenkan Festival Ronthek Pacitan ini sebagai seni budaya khas Pacitan.

Seperti diketahui di jadwal ronthek hari ketiga, 12 tim yang tampil adalah Kebonagung, Punung, Desa Tambakrejo, Desa Banjarsari, Desa Bangunsari, Desa Mentoro, Desa Sidoharjo, Kelurahan Pacitan, Desa Sirnoboyo, Ngadirojo, Desa Semanten dan Desa Bolosingo.

Hingga berita ini diturunkan, festival ronthek hari terakhir masih berlangsung.

Reporter : Sulthan Salahuddin