Pacitan Kekurangan 910 Guru

oleh -972
PNS di Pacitan. (Foto : UPT TK dan SD Donorojo)
PNS di Pacitan. (Foto : UPT TK dan SD Donorojo)
Kelangkaan Guru Terjadi di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Kelangkaan Guru Terjadi di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Permasalahan seputar dunia pendidikan kembali di Kabupaten Pacitan. Diketahui, Pacitan masih mengalami kekurangan tenaga guru.Sesuai data, kekurangan tersebut mencapai kurang lebih 910 guru.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Pacitan, Indartato, saat menerima kunjungan kerja Menko Kesra RI Agung Laksono di Pacitan belum lama ini.

Menurut Bupati, jumlah tersebut terdiri dari berbagai jenjang. Namun, sebagian besar diantaranya dari jenjang pendidikan dasar. Kondisi ini tidak terjadi untuk semua lembaga pendidikan di Pacitan, namun, dibeberapa tempat ada sekolah dasar (SD) yang jumlah tenaga gurunya kurang. Pada kasus tersebut, biasanya komite dan lembaga sekolah menutupnya dengan mengangkat guru tenaga bantu.

Namun demikian, Indartato meminta permasalahan itu tidak menjadi alasan pendidikan di Pacitan tertinggal. Sektor pendidikan, menjadi salah satu prioritas layanan dasar yang harus dipenuhi dan ditingkatkan kualitasnya dari tahun ke tahun.

“Sejauh ini pemenuhan kebutuhan guru dari jalur CPNS belum dapat dilakukan. Ini karena pemkab Pacitan masuk sebagai salah satu daerah yang belum bisa melakukan rekrutmen pegawai setelah terbitnya moratorium pengankatan PNS,” katanya, dilansir dari laman resmi Pemkab Pacitan, Rabu (23/7/2014).

Dari segi sarana dan infrastuktur pendidikan, sebenarnya di Pacitan sudah cukup memadai. Keterjangkauan masyarakat untuk mengenyam pendidikan juga sudah merata. Sesuai data, jumlah lembaga SD sebanyak 417 lembaga, SLTP 71 lembaga, SMA 9 lembaga serta SMK 71 lembaga.

Sekolah tersebut baru yang bersatatus sekolah negeri, sementara masih banyak lagi yang berstatus sekolah swasta.Sayang hal itu belum dapat diimbangi oleh terpenuhinya kebutuhan guru.

Redaktur : Robby Agustav