Bareng dengan Hari Pasaran, TPS di Tegalombo Sepi Pengunjung

oleh -954 views
Suasana di TPS di Tegalombo yang sepi. (Foto : Fajar/Pacitanku)
Suasana di TPS di Tegalombo yang sepi. (Foto : Fajar/Pacitanku)
Suasana di TPS di Tegalombo yang sepi. (Foto : Fajar/Pacitanku)
Suasana di TPS di Tegalombo yang sepi. (Foto : Fajar/Pacitanku)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Agenda pemungutan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) di beberapa tempat di Pacitan hari ini, Rabu (9/7/2014) terpantau aman dan lancar. Meski demikian, di salah satu kecamatan di Pacitan, yakni Tegalombo Pilpres kali ini sepi pengunjung.

Dari pantauan Portal Pacitanku, sepinya pengunjung di Tempat Pemungutan Suara (TPS) ini dikarenakan banyaknya warga yang merantau dan terpaksa tidak menggunakan hak pilihnya. Hal itu terlihat di TPS 08, 09 dan 10 Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo yang hanya sedikit warga menggunakan hak pilihnya. Para saksi dari kedua capres pun hanya duduk santai sambil menunggu penghitungan suara.

Menurut Ketua KPPS TPS 08, Wahyu Putut Triwaluyo, selain banyak warga merantau, ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan Pilpres kali ini tidak seramai momentum Pemilihan Legislatif (Pileg) April lalu.

“Hari ini bertepatan dengan hari pasaran di Tegalombo, yakni Rabu Wage, dimana mayoritas warga berkunjung ke pasar untuk melakukan transaksi jual beli, apalagi ini di bulan puasa mereka sibuk menccari bahan untuk berbuka puasa,” kata Putut kepada Portal Pacitanku.

Prabowo-Hatta Menang di TPS Kota

Sementara itu, antusiasme tinggi nampak terlihat di TPS 07, Kelurahan Ngampel, Ploso, Pacitan. Dari total sekitar 600 Daftar Pemilih Tetap (DPT), sebanyak 521 warga menggunakan hak pilihnya.

Antusiasme warga juga terlihat saat mengikuti jalannya penghitungan suara, dimana belasan pendukung mengikuti dengan seksama prosesi penghitungan. “Alhamdulillah pemngutan suara lancar mas,” seru Munir, salah satu warga Ngampel.

Dari hasil penghitungan suara di TPS 07 tersebut, diketahui pasangan nomor urut 1, Prabowo-Hatta memperoleh 413 suara sedangkan pasangan nomor urut 2, Joowi-JK mendapatkan 90 suara.

Hasil dari penghitungan suara per TPS ini selanjutnya akan dibawa ke PPK untuk direkapitulasi hasil final dari Pilpres kali ini. Dari KPU sendiri, rencananya pada 21-22 Juli mendatang akan menggelar real count untuk mengetahui hasil Pilpres.

Reporter : Fajar Bachroni/Sulthan Shalahuddin