Ruwatan Padi, Paguyuban Masyarakat Seni Sukoharjo Pacitan Gelar Pentas Seni

oleh -13851 views
Persiapan acara Ruwatan Padi (Foto : Setiyono B Sampurno)
Persiapan acara Ruwatan Padi (Foto : Setiyono B Sampurno)
Persiapan acara Ruwatan Padi (Foto : Setiyono B Sampurno)
Persiapan acara Ruwatan Padi (Foto : Setiyono B Sampurno)

Pacitanku.com, PACITAN – Dalam rangka agenda prosesi Ruwatan Padi yang merupakan upacara adat di bidang pertanian oleh masyarakat Jawa, Paguyuban Masyarakat seni Desa Sukoharjo menggelar pentas seni, hari ini, Sabtu (14/6/2014) di area persawahan Dusun Jerum, Desa Sukoharjo, Pacitan.

Agenda yang dimulai siang ini pada pukul 11.00 WIB itu diawali dengan agenda jagongan tani, kemudian disusul dengan upacara Suwukan Pari, dan diakhiri dengan acara pentas seni dan instalasi musik pengusiran hama.

Acara yang penyelenggaraannya cukup unik, yakni di areal persawahan warga ini juga semakin semarak dengan hadirnya para seniman dari Indonesia dan luar negeri. Tercatat, 20 seniman lokal dan internasional memeriahkan acara ini, sebut saja tiga seniman luar negeri, yakni Rodrigo Pajero (spanyol), Estefania Pifano (venezuela) dan Patricia Toh (singapura).

Sementara, seniman lokal yang akan memeriahkan acara ruwatan Padi ini adalah Sanggar Srikandi, Sanggar Pradya, Sanggar Pradapa Loka Bhakti, SD Alam, Sekolah Taman Putra, – SMPN 1 Kebonagung, Shalawatan Dusun Nitikan dan Reog Singo Krido Pacitan.

Tak lupa, panitia lokal juga mengundang seniman dari luar kota, diantaranya Suprapto Suryodarmo (solo), Gondrong Gunarto (solo), Wirastuti. S (solo), Lardjiman (solo), Misbach Daeng Bilok (sulawesi), Gempur Respati (bandung), Agus Bimo (klaten), Komunitas Kalimantan (jogja) dan Kelompok Soreng Sri Rahayu (boyolali).

Acara ini tentu menjadi alternatif malam minggu masyarakat Pacitan, sebab penyelenggaraannya dilakukan di tempat yang tidak biasa, yakni di areal persawahan.

Redaktur : Robby Agustav