Ini Dia Cara Aman Berwisata di Pantai Klayar

oleh -134.021 views
Area Dilarang berenang di Pantai Klayar. (FOto : DOk. Pacitanku)
Area Dilarang berenang di Pantai Klayar. (FOto : DOk. Pacitanku)
Daerah berbahaya sepanjang pantai Klayar. (Dok.Pacitanku)
Daerah berbahaya sepanjang pantai Klayar. (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO – Obyek wisata pantai Klayar di Pacitan memang dikenal sebagai salah satu pantai dengan pesona alam yang sangat indah. Bahkan, dikarenakan keindahan pesonanya, pantai yang terletak di Desa Sendang, Donorojo ini menjadi ikon dari Kabupaten Pacitan. Lebih dari itu, pantai Klayar juga dianggap pantai yang memiliki prospek pantai yang go ASEAN.

Namun demikian, beberapa kali di pantai ini pula terjadi kecelakaan laut yang mengakibatkan korban tenggelam. Yang terbaru, dua siswa dari Wonogiri, Jawa Tengah tenggelam setelah berenang di pantai dengan ciri khas seruling samudera dan patng Sphinx ini.

Pihak SAR dan BPBD Pacitan sebenarnya sudah memasang beberapa tanda peringatan, seperti memasang tulisan area berbahaya di dua titik, memasang pagar dan bendera tanda bahaya yang membatasi batu cadas di kawasan karst, serta mewajibkan pengunjung yang hendak memasuki area ini membawa pemandu yang sudah disediakan. Namun hal ini belum cukup tanpa kesadaran dari pengunjung akan bahaya yang mungkin bisa terjadi di pantai Klayar.

Redaksi Pacitanku memberikan tips – tips yang bisa anda jalankan saat anda berkunjung dan menikmati keindahan pantai Klayar dengan aman dan lancar.

  1. Jika menuju ke pantai Klayar, hendaknya kendaraan yang anda gunakan adalah kendaraan yang kuat dan memiliki daya tahan yang baik, karena medan yang dilalui adalah perbukitan dengan jalan cukup terjal
  2. Menggunakan kendaraan dengan ukuran kecil dan medium, dikarenakan jalan yang masih sempit, bus dengan ukuran besar sulit masuk ke arena wisata ini. Untuk kendaraan roda empat yang bisa masuk adalah mobil kelas MPV hingga bus ukuran Tigaperempat.
  3. Saat anda berada di obyek wsiata, disarankan membawa barang – barang yang efektif saja untuk keperluan berwisata, misalnya uang secukupnya, kamera, tripod, pakaian pantai dan topi.
  4. Patuhi rambu – rambu yang sudah terpasang di obyek wisata, ada papan pengumuman dilarang berenang di area berbahaya, kemudian bendera peringatan berwarna merah, serta peluit yang dibunyikan pemandu saat anda sudah memasuki kawasan berbahaya.
  5. Beberapa spot asyik di pantai Klayar memang terletak di kawasan yang berbahaya, oleh karena itu gunakan pemandu saat anda masuk ke area tersebut. Para pemandu ini pun mendampingi anda dengan biaya sukarela.
  6. Disarankan jangan mencoba untuk bermain ombak di pantai timur ini, karena titik ini adalah area yang paling berbahaya di pantai Klayar. Selain itu juga sering terjadi kecelakaan di pulau cadas kecil yang membatasi pantai timur dan barat ini. Ombak bisa datang dan meloncati batuan cadas dipulau ini dan menghempas siapa saja yang berada disekitarnya. Hal ini sering terjadi karena kita tidak bisa melihat datangnya ombak besar yang menghempas cadas ini, namun tiba-tiba saja ombak sudah melompati hamparan cadas disisi pulau kecil ini.

Redaktur : Dwi Purnawan