Tingkat Kelulusan UN SMA di Pacitan Lebih Baik dari Tahun Lalu

oleh -1.106 views
Sujud Syukur Siswa-Siswi SMKN 2 DONOROJO PACITAN (Foto : Bunda Alisya N Aliya)
Sujud Syukur Siswa-Siswi SMKN 2 DONOROJO PACITAN (Foto : Bunda Alisya N Aliya)
Sujud Syukur Siswa-Siswi SMKN 2 DONOROJO PACITAN (Foto : Bunda Alisya N Aliya)
Sujud Syukur Siswa-Siswi SMKN 2 DONOROJO PACITAN usai pengumuman kelulusan (Foto : Bunda Alisya N Aliya)

Pacitanku.com, PACITAN – Tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) 2014 siswa SMA/MA Provinsi Jawa Timur mencapai 99,96 persen atau relatif sama dibanding tahun sebelumnya yakni sebesar 99,77 persen. Namun demikian, di Pacitan sendiri secara kuantitatif tingkat kelulusan siswa SMA mengalami kenaikan. Hal itu dapat dilihat dari semakin sedikitnya siswa yang tidak lulus.

Diketahui, ada dua siswa yang tidak lulus pada tahun ini, sedangkan pada tahun lalu ada empat siswa yang dinyatakan tidak lulus.

Dua siswa dinyatakan tidak lulus karena nilai rata-rata mereka di bawah standar kelulusan. Masing-masing dari SMKN 3 Pacitan dan MA Muhammadiyah Ketro. Mereka jeblok pada mata pelajaran (mapel) matematika. Namun hal ini lebih baik dari tahun 2013 mengingat pada tahun lalu jumlah siswa yang tidak lulus empat siswa.

‘’Meski meleset dari target yang kami tetapkan, tapi jumlah siswa yang tidak lulus tahun ini turun dibanding tahun lalu. Mereka gagal di mapel matematika,’’ ujar Kasi Kurikulum Dindik Pacitan Eka Priyadi, baru – baru ini, seperti dilansir dari Jawapos.

Dikatakan Eka, materi soal matematika tahun ini lebih sulit. Berbeda dengan tahun lalu, yang justru nilai matematika lebih baik rata-ratanya dibanding mapel bahasa Indonesia. Rencananya, bagi mereka yang tidak lulus, bisa mengikuti ujian Paket C Agustus mendatang.

Sementara itu, hasil UN secara umum di Jatim, berdasarkan data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, tahun ini 256 siswa SMA/MA/SMK dinyatakan tidak lulus ujian nasional, dengan rincian 195 siswa SMA/MA dan 61 siswa SMK. Total siswa yang ikut ujian nasional ada 229.164 siswa SMA/MA dan 155.689 siswa SMK.

Dari total jumlah siswa yang mengikuti ujian nasional sebanyak 195 siswa SMA/MA atau 0,09 persen yang tidak lulus dan SMK ada 61 siswa atau 0,033 persen yang tidak lulus. Pada tahun ini, peringkat kelulusan secara nasional diumumkan Mendikbud secara langsung, dan pada tahun lalu, Jatim peringkat pertama tingkat kelulusan UN atau kelulusan tertinggi se-Indonesia.

Redaktur : Robby Agustav