PLTU Pacitan Alami Gangguan, Sejumlah Titik di Ibukota Alami Pemadaman

oleh -Dibaca 1.224 kali
PLTU Sudimoro Alami Gangguan, Senin (12/5/2014). (Foto : Dok.Pacitanku)
PLTU Sudimoro (Foto : Dok.Pacitanku)
PLTU Sudimoro Alami Gangguan, Senin (12/5/2014). (Foto : Dok.Pacitanku)
PLTU Sudimoro Alami Gangguan, Senin (12/5/2014). (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sudimoro, Pacitan mulai dirasakan masyarakat Indonesia. Pasca diresmikan operasinya, PLTU yang terletak di Teluk Bawur ini menjadi penopang energi di tanah air. Akibatnya, saat PLTU ini mengalami gangguan, akhirnya terjadi pemadaman listrik di sejumlah wilayah di Jakarta dan Tangerang, Senin (12/05/2014).

Pemadaman listrik tersebut terjadi karena sistem listrik mengalami kehilangan pasokan sebesar 450 Mega Watt (MW) yang bersumber dari PLTU Sudimoro Pacitan. Efeknya adalah seluruh pulau Jawa dan Bali pun mengalami kehilangan pasokan energi listrik.

Dilansir dari Vivanews, manajer Senior Komunikasi Korporat PT PLN Bambang Dwiyanto menuturkan bahwa pemadaman terjadi karena gangguan di PLTU Pacitan di unit 1 dan 2.

Seperti diketahui, Proyek PLTU 1 Jawa Timur, Pacitan ini memiliki dua unit pembangkit dengan kapasitas total tenaga listrik yang dihasilkan sebesar 630 MW, dimana kapasitas masing-masing unit pembangkit sebesar 315 megawatt.

Energi listrik yang dihasilkan PLTU Pacitan disalurkan melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV sepanjang 35,65 kilometer ke Gardu Induk Pacitan Baru dan sepanjang 84,8 kilometer ke Gardu Induk Wonogiri.

Redaktur : Dwi Purnawan