Aktivitas Semeru Fluktuatif, Pendakian Dibatasi Sampai Kalimati

oleh -10778 views
Pendakian Gunung Semeru. (Foto : Dok.Pacitanku)
Pendakian Gunung Semeru. (Foto : Dok.Pacitanku)
Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas. (Foto : DOk.Pacitanku)
Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas. (Foto : DOk.Pacitanku)

Pacitanku.com, MALANG – Akibat kondisi puncak gunung Semeru yang masih tidak setabil, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menghimbau ke para pendaki Gunung Semeru mematuhi larang pendakian ke Puncak.

Hingga hari ini, diketahui  aktivitas Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu masih fluktuatif. “Pendakian sudah dibuka TNBTS, kami harap pendaki menaati surat batas pendakian hanya sampai Pos Kali Mati,” ujar Kepala BPBD Lumajang, Rochani seperti dilansir dari Beritajatim, Senin (12/5/2014).

Lebih lanjut, Rochani menyampaikan bahwa dari petugas Badan Vulkanologi, Mitigasi dan Geologi di pos pemantauan Gunung Semeru di Gunung Sawur Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro, aktivitas vulkanik masih fluktuatif.

Para pendaki diminta tidak ke Puncak, karena rekomendasi pendakian Semeru hingga Kalimati. “Jadi pendaki jangan sekali-kali mencuri untuk ke Puncak,” terangnya.

Berdasarkan informasi yang diterima BPBD dari Pos Gunung Sawur, aktivitas Semeru adanya lava pijar pada tanggal 26-27 April dengan jarak luncur 100 meter. Namun, aktivitas kegempaan masih signifikan, tidak ada peningkatan dan maih waspada.

Redaktur : Ajeng Miranti