Peringati Hardiknas, Ini Harapan Elemen Warga dan Tokoh Pacitan

oleh
Anak Pacitan berangkan Sekolah di Punung. (Foto : Dok.Pacitanku)
Anak Pacitan berangkan Sekolah di Punung. (Foto : Dok.Pacitanku)
Anak Pacitan berangkan Sekolah di Punung. (Foto : Dok.Pacitanku)
Anak Pacitan berangkan Sekolah di Punung. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada hari ini, Jumat (2/5/2014) diharapkan menjadi momentum bagi kebangkitan pendidikan secara nasional. Sementara dalam konteks Pacitan, tentunya peringatan Hardiknas diharapkan menjadi titik kebangkitan pendidikan Pacitan dalam rangka memberikan sumbangsih Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas untuk Indonesia.

Salah satu tokoh pendidikan di Pacitan, Subiyanto Munir menilai banyak lompatan kemajuan yang dicapai, khususnya dalam kurun waktu satu dan dua tahun terakhir, salah satunya adalah peningkatan peringkat Ujian Nasional (UN) di tingkat Provinsi pada 2013.

“Alhamdulillah secara peringkat, Pacitan mengalami lonjakan signifikan, dari yang semula peringkat 32 di tingkat Provinsi pada tahun 2012 menjadi peringkat 22 pada tahun lalu, dan ini adalah salah satu bentuk kemajuan pendidikan di Pacitan yang patut kita syukuri,” ujar pria yang juga Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) TK-SD Kecamatan Arjosari ini kepada Portal Pacitanku.

Namun demikian, Munir juga tidak memungkiri bahwa masih banyak hal yang perlu di evaluasi dari pelaksanaan pendidikan di Pacitan. “Salah satu yang perlu segera disikapi adalah banyaknya guru yang segera memasuki masa pensiun, sehingga proses pengangkatan guru baru perlu menjadi prioritas dari pemerintah,” tandasnya.

Terpisah, salah satu warga Pacitan, Wisnu Riyatmoko menyatakan dirinya bersyukur bahwa saat ini banyak timbul kesadaran masyarakat, khsususnya di Pacitan untuk senantiasa mengembangkan kapasitas keilmuan dan kualitas SDM.

“Bersyukur hari ini masih diberikan semangat kerukunan dan kekeluargaan, yang itu artinya lebih mudah untuk menata masyarakat dalam hal mengembangkan diri dibandingkan daerah lain, sehingga saya percaya bahwa kemudian hari generasi muda kita masih sanggup untuk belajar dan mendapatkan kesempatan belajar dengan strata yang lebih tinggi di tempat kelahiran kita kota pacitan,” jelas Wisnu.

Lebih lanjut, Wisnu yang juga Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Pacitan ini meminta segenap elemen pendidikan dan masyarakat mendorong agar semangat kebangkitan pendidikan di Pacitan terus meninggi. “Tidak masalah negara keluarkan uang lebih, tapi generasinya mendapatkan pendidikan yang layak,” pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam peringatan Hardiknas, semua lembaga pendidikan dan pemerintahan menggelar upacara peringatan Hardiknas.

Sementara merunut dari sejarah, banyak para SDM di Pacitan yang sukses menjadi para tokoh di bidang pendidikan, seperti Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Bambang Setyaji, mantan Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes) Sudijono Sastroatmodjo, tokoh pendidikan (alm) Imam Barnadib dan beberapa tokoh pendidikan lainnya.

Redaktur : Dwi Purnawan