Harmoni Keindahan Wisata Pantai dan Budaya Pantai Dangkal Pacitan

oleh -Dibaca 1.189 kali
Pantai Dangkal (Foto : info_pacitan)
Kawasan Pantai Dangkal (Foto : info_pacitan)
Pantai Dangkal (Foto : info_pacitan)
Pantai Dangkal (Foto : info_pacitan)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG—Pesona alam dan pantai di sepanjang perairan Pacitan diakui banyak kalangan begitu indah dan berkarakter. Wilayah perairan Pacitan yang terbentang dari ujung Pantai Nampu di Donorojo sampai ujung Teluk Bawur di Sudimoro menyajikan pesona pantai, laut, dan pemandangan yang tak kan pernah terlupakan.

Salah satu obyek wisata Pantai yang bisa menjadi alternative liburan anda kala berkunjung ke Pacitan adalah Pantai Dangkal, yang terletak di Desa Worawari, Kebonagung. Pantai ini dari pusat Kota Pacitan bisa ditempuh selama kurang lebih 45 menit. Akses menuju Pantai Ndangkal bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dan dengan adanya Jalur Lintas Selatan semakin memudahkan akses menuju pantai ini, jika ditempuh dari JLS pantai ini berjarak 1,3 Km.

Yang menjadikan pantai Dangkal ini perlu dan penting untuk anda kunjungi adalah perpaduan pesona persawahan, pantai yang bening, serta ombak yang terus menerpa bibir pantai sepanjang waktu. Pantai ini adalah pantai yang sangat lengkap untuk agenda wisata anda, seperti berkemah, memancing dan berenang, atau sekedar bermain air pantai dan berfoto ria.

Saat akan memasuki area pantai, anda akan disuguhi pohon kelapa yang berjajar disepanjang sisi sungai menuju pantai Dangkal. Setiba di pantai, anda akan langsung dimanjakan dengan hamparan pasir pantai Selatan dengan panjang sekitar 500 meter. Pantai ini berbentuk teluk dan dibatasi tebing – tebing di samping kanan dan kiri pantai.

Pantai Dangkal mempunyai dua sisi, yakni barat dan timur. Untuk sisi barat dapat dilalui dengan jalan yang masih berbatu dan  hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Yang menarik di sisi ini adalah hamparan pasir, tebing dan hamparan sawah penduduk yang indah.

Sedangkan pantai di sisi timur, dapat dilalui dengan mengendarai kendaraan lagi ke arah timur dari jalan raya sekitar beberapa ratus meter saja. Panorama pantai Dangkal disisi timur ini adalah bibir pantai dengan panorama pasir putih yang elok, bisa anda gunakan untuk bermain pasir maupun sekedar mengabadikan gambar pantai. 

Sebagai pelengkap, anda pun bisa menyaksikan tebing yang menjulang tinggi dan Gunung Limo. Di ujung timur tebing juga ada tangga yang bisa digunakan untuk menaiki tebing, biasa digunakan untuk melihat pemandangan dari atas bukit Pantai Dangkal,  namun harus selalu waspada karena tebing yang curam.

Budaya Eret di Pantai Dangkal

Selain keindahan pesona alamnya, Pantai Dangkal juga menyimpan kekayaan budaya daerah, yakni budaya eret atau eretan. Seperti diberitakan sebelumnya, eret adalah tradisi mencari ikan dengan metode jaring panjang yang dipasang melingkari teluk. Kedua ujung jaring ada di daratan dan kemudian ditarik bersama untuk menggiring ikan kearah pesisir. Ikan yg berhasil digiring nantinya akan terperangkap ke dalam jaring panjang tersebut, atau menangkap ikan jaring keruk.

Nah, begitu lengkap dan indahnya pantai Dangkal, membuat anda harus memasukkan tempat ini ke dalam daftar kunjungan anda saat ke Pacitan. Selamat berkunjung ke Pantai Dangkal dan silahkan menikmati keindahan panorama alamnya.

Redaktur : Robby Agustav