Menikmati Indahnya Pacitan dari Puncak Gunung Lanang

oleh -101.721 views
Gunung Lanang Pacitan (Dok.Pacitanku)
Gunung Lanang Pacitan (Dok.Pacitanku)
Gunung Lanang Pacitan (Dok.Pacitanku)
Paling kanan adalah Gunung Lanang Pacitan (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG—Selain memiliki banyak pantai yang menawan, kabupaten Pacitan juga memiliki deretan gunung yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu dari sekian gunung tersebut adalah gunung Lanang. Terletak di desa Punjung, kecamatan Kebonagung, kira-kira 20 km di Timur dari arah kota.

Gunung lanang ini termaasuk salah satu titik tertinggi di Pacitan, jadi tidak sulit untuk menemukan gunung ini. Dari pusat kota gunung ini terlihat berjajar dengan gunung limo dan gunung lain.

Untuk akses menuju gunung ini relatif mudah. Perjalanan bisa ditempuh dengan sepeda motor kurang lebih selama kurang lebih satu jam, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama kira-kira 30 menit. Kendaraan yang dibawa bisa dititipkan dirumah warga yang ramah, dan disarankan untuk menaiki sepeda motor, meskipun jalan desa atau aksesnya bisa dilewati mobil.

Dari puncak gunung ini, Anda bisa melihat indahnya kabupaten Pacitan dari atas, juga terlihat teluk pacitan yang menawan. Pemandangan pada malam hari puntak kalah indahnya. Kalau beruntung, Anda bisa melihat sunrise dan sunset yang tak kalah indahnya.

Pendaki Gunung Lanang (Dok.Pacitanku)
Pendaki Gunung Lanang (Dok.Pacitanku)

Di gunung ini, ada dua puncak di gunung ini, namun hanya satu puncak yang bisa dijangkau, karena puncak yang lain hanya bongkahn batu sangat besat yang licin. Hampir tidak ada pohon atau tumbuhan besar di atas, hanya hamparan rumput dan batu-batuan berbagai ukuran, sesuatu yang memberikan sensasi berbeda dan menambah keunikan dari gunung ini.

Untuk masuk dan menikmati indahnya gunung ini,  seperti halnya berwisata di tempat lain di Pacitan yang murah meriah, tarif menuju gunung ini pun sama murahnya, bahkan lebih murah. Hanya fisik yang kuat dibutuhkan untuk mencapai puncak gunung ini. Jadi, jika anda bosan dengan aktivitas, tak ada salahnya mendaki gunung tertinggi di Pacitan ini.

Reporter : Sulthan Munir

Redaktur : Dwi Purnawan