Setelah Status Ditingkatkan, Gunung Kelud Akhirnya Meletus Kamis Malam

oleh -Dibaca 1.106 kali
Gunung Kelud meletus (Foto : kompas)
Gunung Kelud meletus (Foto : kompas)
Gunung Kelud meletus (Foto : kompas)
Gunung Kelud meletus (Foto : kompas)

Pacitanku.com, KEDIRI—Pasca ditetapkan menjadi Awas, Gunung Kelud di Jawa Timur akhirnya meletus pada kamis (13/02/2014) sekitar pukul 22.50 WIB. Akibat letusan tersebut, semburan asap dan material vulkanik mencapai ketinggian sekitar 3000 meter.

Akibat letusan ini, pusat Vulkanologi, Mitigasi, dan Bencana Geologi (PVMBG) merekomendasikan agar wilayah dalam radius 10 kilometer dari pusat kawah harus steril.

“Jam 22.50 Wib, meletus. Asap tebal setinggi 3000 meter. Tidak ada suara,” jelas Kabid Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api PVMBG Bandung, Gede Swastika, seperti dikutip detikcom, Kamis (13/02/2014) malam WIB.

Gunung Kelud yang berada di perbatasan Kediri, Blitar dan Kabupaten Malang ini statusnya ditetapkan menjadi Awas atau level IV pada Pukul 22.15 Wib. Tingginya aktivitas kegempaan, membuat status Gunung Kelud di Jawa Timur, ditingkatkan dari Siaga (level III) menjadi Awas atau Level IV.

Sementara itu, saat ini warga sudah bersiap mengungsi. Mereka terlihat berkumpul di depan rumah masing-masing membawa barang berharganya. Beberapa kendaraan bak terbuka juga terlihat bersiaga di pinggir jalan. Kendaraan tersebut akan digunakan sebagai alat angkutan.

Kerasnya dentuman letusan gunung Kelud ini juga terasa sampai beberapa daerah di sekitar Jatim dan Jateng. Bahkan suara letusan gunung aktif di Jatim ini sampai di kota Solo. “Dentuman berkali2 dari gunung Kelud sampai solo,” kicau Widya Pradhika, salah satu mahasiswa yang berada di Solo di akun twitternya.

Redaktur : Robby Agustav