Jalan Kasihan – Tulakan Tak Layak Pakai

oleh -13960 views
jalan kasihan rusak (dok.Pacitanku)
jalan kasihan rusak (dok.Pacitanku)
jalan kasihan rusak (dok.Pacitanku)
jalan kasihan rusak (dok.Pacitanku)

pacitanku.com, TEGALOMBO—Jalan yang menghubungkan Kecamatan Tegalombo menuju Tulakan melewati desa Kasihan dianggap sudah tak layak pakai. Dari pantauan Portal Pacitanku, Senin (27/1/2014), beberapa titik di ruas Dusun Sidomakmur, tepatnya di Brakmilon nampak berlubang, dan yang parah adalah ruas di tikungan menuju Kalitengah yang amblas.

Ruas jalur yang amblas tersebut sebenarnya sudah diuruk beberapa waktu lalu, akan tetapi karena wilayah yang berada diatas bukit Engkak – engkak tersebut merupakan tanah gerak, sehingga terus mengalami amblas dan terseret longsoran ke bawah. akibatnya, kendaraan yang melalui kawasan tersebut harus hati – hati, terutama mobil. Dan jika hal ini dibiarkan terus menerus, jalan ini akan mengalami putus sebab gunung tersebut terus mengalami amblas akibat longsor.

“Daerah itu memang masuk kawasan longsor, dimana tanah amblas tersebut ikut terseret dan terbawa longsor ke gunung bawah,” kata Kabul, Kepala Dusun Sidomakmur kepada Portal Pacitanku, senin waktu setempat.

Dikatakan Kabul, ada beberapa opsi untuk mengalihkan jalur utama menuju ke Kecamatan Tulakan dan Jalur Lintas Selatan (JLS) di Ngadirojo, salah satunya adalah dengan membangun jembatan atau menggeser ke tempat yang lebih aman dari tanah gerak.

“Kemungkinan salah satu cara adalah dengan menggunakan lahan di samping jalan untuk mengalihkannya,” terangnya.

Seperti diketahui, bukit yang berada di kawasan Brakmilon tersebut memang daerah longsor. beberapa waktu lalu sudah dilakukan pemindahan jalur dari yang semula lurus menjadi mengelilingi bukit pinus tersebut, namun semakin lama longsor semakin bertambah sehingga perlu dilakukan pengalihan jalan.

Redaktur : Dwi Purnawan