Banjir Bandang Juga Akibatkan Jembatan Gantung Ngadirojo Putus

oleh -13797 views
Jembatan Putus terkena banji bandang (Foto : Humas Pemkab)
Jembatan Dembo Putus terkena banji bandang (Foto : Humas Pemkab)
Jembatan Putus terkena banji bandang (Foto : Humas Pemkab)
Jembatan Putus terkena banji bandang (Foto : Humas Pemkab)

Pacitanku.com, NGADIROJO—Hujan yang terjadi terus menerus selama Rabu, (15/1/2014) kemarin WIB benar- benar membuat sebagian wilayah di Kabupaten Pacitan mengalami bencana alam. Tercatat, Selain longsor dan banjir di Barehan, Arjosari, Nawangan dan Tulakan, banjir bandang juga mengakibatkan sebuah jembatan gantung di Dusun Dembo Kidul, Ngadirojo putus total.

Akibat jembatan putus tersebut, akses menuju dua pedukuhan di Ngadirojo pun tersendat. Warga Dusun Dembo Kidul yang terdampak putusnya jembatan gantung Sungai Lorok terpaksa menggunakan jalur alternatif mengitari beberapa dusun yang berjarak lebih dari tiga kilometer.

Meski tak ada korban jiwa dalam bencana tersebut, namun kerugian material akibat putusnya jembatan mencapai jutaan rupiah. “Pondasinya ambles tergerus air sehingga jembatan gantungnya ambruk,” kata Darmadi, salah satu warga setempat seperti dikutip Republika.

Seperti diketahui, selama ini jembatan yang terletak di Dusun Dembo Kidul tersebut memiliki peran vital bagi mobilisasi warga menuju pusat pemerintahan, sarana pendidikan, maupun pusat perekonomian. Warga sebelumnya sudah berupaya mencegah kerusakan dengan memasang karung pasir untuk menahan derasnya aliran sungai. Namun, pemasangan tanggul darurat itu sia-sia lantaran arus banjir lebih kuat.

Sementara itu bencana akibat hujan deras juga terjadi di Desa Cokrokembang, dilaporkan sebuah rumah rusak setelah tertimpa pohon tumbang. Hujan deras juga memicu tanah longsor di sejumlah titik lokasi di sepanjang jalan raya Pacitan-Ngadirojo. Material berupa tanah membuat lalu lintas antar kecamatan sempat macet kurang lebih 30 menit.

Redaktur : Robby Agustav