Menyusuri Sendang Pitu Goa Dawung Pacitan

oleh
Sendang Pitu Goa Dawung (Foto : Joko Susilo)
Sendang Pitu Goa Dawung (Foto : Joko Susilo)
Sendang Pitu Goa Dawung (Foto : Joko Susilo)
Sendang Pitu Goa Dawung (Foto : Joko Susilo)

Pacitanku.com, PUNUNG—Tak salah jika menjuluki Pacitan sebagai kota 1001 Goa, yak arena hamparan tanahnya yang membentang dari kecamatan Donorojo di ujung Barat sampai dengan Sudimoro di ujung timur memiliki ratusan goa yang membuat kabupaten tempat kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini berjuluk 1001 Goa. Dan mayoritas keberadaan Goa di Pacitan ini berada di kawasan Karst di Donorojo, Punung dan Pringkuku.

Pemandangan Goa Dawung (Foto : Joko Susilo)
Pemandangan Goa Dawung (Foto : Joko Susilo)

Salah satu yang terbaru dan kedepan akan menjadi salah satu obyek wisata Goa di Pacitan adalah Goa Dawung, yang terletak di hutan Dawung, Desa Piton, Kecamatan Punung. Keberadaan Goa Dawung ini lebih dekat dengan Goa Tabuhan, kurang lebih 3 Km dari Goa legendaries di Donorojo tersebut.

Namun demikian, untuk masuk ke Goa ini membutuhkan perjuangan ekstra, sebab selain belum ada penerangan mandiri, jalannya masih berupa tanah liat hasil swadaya masyarakat setempat. Dan hingga berita ini diturunkan, masih terus dilakukan pengerjaan jalan menuju goa maupun perapian jalur turun dari goa. Untuk masuk ke dalam goa pun anda harus lebih dahulu menghubungi warga setempat, yakni Pak Pardi, sebab dari rumah Pak Pardi inilah penerangan goa dialirkan.

Setelah masuk dengan cukup tenaga ekstra, anda akan dimanjakan dengan keindahan goa Dawung Pacitan yang memang memiliki keunikan tersendiri. Pemandangan stalagmite dan stalagtit goa, ukiran bebatuan yang menyerupai gelambir – gelambir dan gorden raksasa, serta batuan berlian yang Nampak berbintik – bintik diantara batuan stalagmite tersebut dijamin membuat anda terkesima.

Di dalam goa ini juga masih banyak penghuninya, salah satu kelalawar yang

Langit - langit Goa Dawung (Foto : Joko Susilo)
Langit – langit Goa Dawung (Foto : Joko Susilo)

memang menjadikan goa ini sebagai tempat tinggalnya. Goa yang baru diresmikan awal Januari tahun 2014 ini memang memiliki karakteristik yang cukup unik dibandingkan dengan goa lainnya, yaitu keberadaan sendang yang ada di dalamnya, salah satunya sendang pitu. Sendang ini adalah cekungan air yang membantang kurang lebih 1×2 meter yang berada diatas bebatuan goa Dawung. Tentu karena adalah goa Karst, air sendang ini sangat dingin dan jernih.

Lorong Goa Dawung (Foto : Joko Susilo)
Lorong Goa Dawung (Foto : Joko Susilo)

Memasuki bagian akhir Goa, anda harus ekstra hati – hati saat menuju pintu keluar, karena akan melewati jalur sempit dan tidak bisa berjalan seperti biasa. Melalui area sempit ini anda wajib merangkak jika tidak ingin terbentur bebatuan goa dengan jarak sekitar 15 meter. Bagian ini sekaligus menajdi bagian akhir goa sebelum pintu keluar. Selamat dating di destinasi wisata baru Pacitan, Goa Dawung.

Redaktur : Robby Agustav