Senkom Mitra Polri Totalitas Bantu Keamanan di Pacitan

oleh -13533 views
Senkom MItra Polri Pacitan(Foto Swi)
Senkom MItra Polri Pacitan(Foto Swi)
Senkom MItra Polri Pacitan(Foto Swi)
Senkom MItra Polri Pacitan(Foto Swi)

Pacitanku.com, PACITAN—Membludaknya pengunjung dan wisatawan di berbagai obyek wisata di Pacitan di liburan akhir tahun membuat pihak Kepolisian Resort Kabupaten Pacitan harus senantiasa bersiaga satu, untuk mengamankan obyek wisata tersebut. Untuk memudahkan langkah dan kinerja Polisi, maka harus dibantu dari unsur masyarakat yang juga bertanggung jawab untuk membantu keamanan di area obyek wisata dan beberapa titik rawan di Pacitan.

Salah satu elemen masyarakat yang memiliki tanggungjawab tersebut adalah Senkom Mitra Polri. Senkom Mitra Polri adalah kelompok masyarakat yang ingin berperan dalam membantu menginformasikan dan membantu pengamanan lingkungan disekitarnya. Selain itu, tanggungjawab elemen ini adalah memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengamanan swakarsa di lingkungan masing-masing.

“Kegiatan kami membantu pihak kepolisian di akhir tahun dengan mengamankan hari raya natal, dan tadi malam kita berfokus mengamankan agenda malam tahun baru di alun – alun Pacitan, sedangkan hari ini kita bertugas di Pantai Teleng Ria,” terang Wildan Nur Swi Harmoko, Wakil Sekretaris Pengurus Daerah Senkom MItra Polri Pacitan, kepada Portal Pacitanku, Rabu (1/1/2014).

Lebih lanjut Wildan yang juga aktivis KNPI Pacitan ini menyatakan bahwa elemen Senkom Mitra Polri sendiri di Pacitan sudah beranggotakan 100 personil. “Tersebar di seluruh kecamatan di Pacitan,” tandasnya.

Seperti diketahui, Senkom Mitra Polri ini dibentuk sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU no 2 tahun 2002 tentang Pamswakarsa. Maka pada tanggal 1 Januari 2004 di Jakarta dibentuklah Senkom Mitra Polri sebagai wadah kelompok sadar kamtibmas oleh anggota mitra kamtibmas Mabes Polri.

Ditindaklanjuti dengan Surat Telegram Kapolri nopol: ST/526/V/2007 tanggal 7 Mei 2007 tentang perintah kepada para Kapolda untuk membina Senkom untuk menjadi mitra Polri sehingga diharapkan dapat berperan serta sebagai anggota FKPM untuk memecahkan masalah-masalah sosial yang berdampak dapat menjadi sumber gangguan kamtibmas di lingkungan komunitasnya.

Redaktur : Dwi Purnawan