Warga Tokawi Keluhkan Rusaknya Jalan Penghubung Provinsi

oleh -134.906 views
Jalan rusak di Tokawi (Sumber foto : RRI)
Jalan rusak di Tokawi (Sumber foto : RRI)
Jalan rusak di Tokawi (Sumber foto : RRI)
Jalan rusak di Tokawi (Sumber foto : RRI)

Pacitanku.com, NAWANGAN—Warga Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan mengeluhkan kondisi infrastuktur jalan yang memburuk di wilayah tersebut. Dengan kondisi infrastuktur jalan yang buruk dan jauh dari memadai, menjadi kendala utama akses ekonomi warga tersebut.

Kondisi buruknya infrastuktur jalan ini diperparah dengan kedatangan musim hujan yang menyebabkan jalan tanah menjadi berlumpur. Akibatnya, ruas jalan yang menjadi penghubung antarprovinsi tersebut tidak dapat dilalui kendaraan. Bukan hanya roda empat, kendaraan roda dua pun tidak dapat melintas dari dan ke dua arah. Ini menyebabkan roda perekonomian warga lumpuh.

“Mati total. Jalan tanah itu kalau dilewati musim hujan total. Ya jalan kaki, kembali ke zaman dulu. kalau hujan untuk roda dua dan empat ya sudah total tidak bisa,” tutur Sukiman, salah satu warga Tokawi, seperti dilansir dari RRI, Kamis (12/12/2013) siang WIB.

Ia menjelaskan bahwa kondisi itu sudah berlangsung lama. Warga pun sudah menyampaikan usulan perbaikan hingga beberapa kali. Namun belum ada tanggapan dari pemerintah daerah.

Sukiman dan warga Tokawi lainnya sangat berharap jalan rusak yang menyisakan jarak sekitar 3 kilometer segera diperbaiki sehingga akses transportasi warga ke Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri tidak mengalami kendala. Dengan begitu roda perekonomian masyarakat ikut melaju pesat. “Makanya kami berharap secepatnya dibenahi,” tandasnya.

Seperti diketahui, rusaknya jalan penghubung antar provinsi di Desa Tokawi ini disebabkan karena kualitas aspal yang kurang baik. Selain itu, belum adanya drainase atau saluran air yang baik di jalur penghubung dua kabupaten beda provinsi itu.