Dilema Obyek Wisata Goa Kalak, Goa Pertapa yang Mulai Tak Terawat

oleh -131.868 views
Goa Kalak (Dok.Pacitanku)
Goa Kalak (Dok.Pacitanku)

Goa Kalak (Dok.Pacitanku)
Goa Kalak (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, DONOROJO—Saat anda akan menuju ke Pantai Klayar, memasuki di Desa Sendang, di kiri jalan ada sebuah Goa yang berdiri kokoh menjulang, bertuliskan Goa Kalak. Ya, ini adalah salah satu obyek wisata Goa di Pacitan. Goa yang terletak di Desa Sendang, Donorojo ini terkenal bukan karena keindahan stalagtit dan stalagmitnya, tetapi karena pengaruh mistisnya.

Goa ini sering dikunjungi oleh orang untuk tujuan-tujuan tertentu yangg berhubungan dengan mistis. banyak pengunjung dari luar pacitan yang pernah ke Goa ini bahkan beberapa pejabat juga pernah melakukan ritual di Goa yang bersejarah ini.

Kondisi Goa yang berada persis di jalan menuju Pantai Klayar ini kini sungguh memprihatinkan. Dari penelusuran Portal Pacitanku, kondisinya makin sepi dan tak terawat sama sekali. Rerumputan liar pun banyak tumbuh di bagian atas goa. Tugu yang berada persis di depan Goa juga sudah mulai using, tanda bahwa Goa ini sudah tidak ada yang mempedulikannya.

Padahal, antara tahun 70an dan 80an, Goa ini sangat terkenal dan menjadi salah satu obyek wisata yang banyak digemari oleh para Wisatawan. Menurut cerita warga setempat dan menuruh cerita orang orang dulu juga gua ini sebagai tempat pertapaan ataupun bersemedi untuk memohon sesuatu. Bahkan menurut ceirtanya, almarhum Presiden Soeharto pernah tirakat di gua ini.

Menurut cerita warga setempat, Goa Kalak merupakan tempat ritual dari Raden Brawijaya pada zaman Kerajaan Majapahit. Goa yang berusia ratusan tahun ini juga merupakan goa tertua di daerah Pacitan. Sedangkan juru kunci goa Kalak bernama Bapak Manrejo ( mbah Tugiman) yang mulai menjaga goa ini sejak tahun 1965, mbah Tugiman merupakan keturunan ke-3 dari juru kunci yang pertama.

Konon, salah satu keramik yang berada di dalam Goa untuk bertapa dibuat oleh seorang pengunjung yang awalnya bertapa di Gunung Lawu kemudian mendapat wangsit untuk mencari tempat pertapaan Raden Brawijaya, setelah menemukan Goa Kalak ini lalu dia membuat keramik persegi panjang tempat untuk para pengunjung Goa Kalak yang ingin bertapa.

Jika anda penasaran dengan Goa yang mulai tidak tearawat ini, bisa mengunjunginya, kurang lebih 5 Km dari obyek wisata Goa Gong, atau berada di perbatasan antara Desa Kalak dan Desa Sendang, dan tentunya lebih dekat dengan Pantai Klayar.

Redaktur : Dwi Purnawan