Menengok Produksi Empon-empon Desa Jeruk, Obat Alami Penyembuh Penyakit Anda

oleh -13958 views
Empon
Empon
Empon
Empon (Sumber Foto : MITI)

Pacitanku.com, BANDAR—Desa Jeruk adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Bandar, Pacitan. Dengan kondisi topografi daerah yang berada di pegunungan, yakni di  ketinggian 946 meter diatas permukaan air laut, Jeruk menjadi daerah yang bersuhu dingin, sehingga salah satu potensi daerah yang terkenal adalah perkebunan, seperti Cabe, Jagung, Janggelan,Cengkeh, Kopi, Pinus, dan Kayu Sengon, janggelan, dan empon – empon.

Salah satu yang menjadi komoditas utama warga Desa Jeruk adalah produksi empon – empon, atau tanaman tradisional yang bisa digunakan sebagai obat alami. Empon-Empon, atau bahan rempah untuk ramuan jamu seperti Jahe, temulawak, kunyit, dan kencur bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit perut kembung, ginjal, masuk angin, menghilang kan capek-capek, dan merangsang nafsu makan.

Di wilayah Desa Jeruk sendiri sudah puluhan tahun memproduksi empon – empon. Walaupun tanaman ini gampang dipanen, bahkan bisa setiap hari di panen, namun puncak masa panen empon-empon setiap tahunnya terjadi pada bulan Juni hingga Agustus.

Untuk daera pemasaran empon – empon jeruk ini adalah para pemasok skala besar untuk pabrik – pabrik  jamu dari Solo, Jogjakarta,dan Surabaya. Dalam sehari, sekitar 8 ton empon-empon diangkut dengan truk dari Desa Jeruk saat musim panen.

Empon – empon Desa Jeruk ini menjadi salah satu produksi andalan di daerah yang berhawa dingin tersebut. Selain empon – empon, warga setempat juga mengandalkan pada potensi lainnya, yakni janggelan, kopi, pinus, dan cabe.

Redaktur : Robby Agustav