KNPI Pacitan Korek Fakta Baru Sejarah Gerilya Jenderal Soedirman

oleh -13668 views
Sarasehan KNPI (Foto : Wildan)
Sarasehan KNPI (Foto : Wildan)
Sarasehan KNPI (Foto : Wildan)
Sarasehan KNPI (Foto : Wildan)

Pacitanku.com, PACITAN—Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) menggelar agenda sarasehan sejarah perjuangan nasional, Jumat (29/11/2013) siang WIB, di Pandan Kurung Sea View, Kompleks Pantai Teleng Ria, Pacitan.

Menurut salah satu panitia, Wildan Nur Swi Harmoko, agenda sarasehan ini digelar untuk menindaklanjuti kegiatan napak tilas rute gerilya Jenderal Soedirman, 10 November lalu. Dikatakan Wildan, sarasehan ini bertujuan untuk mengorek info sejarah seputar perjuangan gerilya Jenderal Soedirman, terutama di wilayah Sudimoro.

“Ada beberapa hal yang perlu kita kaji lebih dalam terkait informasi sejarah perjuangan gerilya Jenderal Soedirman. Dan awalnya kita mendatangkan lima narasumber, akan tetapi karena sudah sepuh, akhirnya hanya dua narasumber yang hadir, yakni Mbah Lardi dan Mbah Sarmin,” kata Wildan saat dihubungi Pacitanku.com.

Dalam paparannya dihadapan peserta sarasehan, imbuh Wildan, dua narasumber tersebut bercerita bahwa tugas mereka hanya menandu orang untuk dibawa ke sebuah tempat. “Mbah Lardi tidak tahu bahwa yang ditandu tersebut adalah seorang Jenderal besar, ia juga tidak tahu Pak Dirman ini siapa,” lanjutnya.

Lebih lanjut Wildan menyampaikan bahwa tujuan utama agenda sarasehan ini digelar adalah untuk menemukan fakta baru dalam sejarah perjuangan gerilya Jenderal Soedirman di Pacitan. “ya pada intinya mengorek fakta sejarah, agar kedepan rute di napak tilas lebih focus sesuai fakta sejarah yang ada, karena diindikasi ada beberapa rute yang masih keliru,”tandas Ketua Pengurus Kecamatan (PK) KNPI Donorojo ini.

Dalam agenda sarasehan yang dibuka langsung oleh Bupati Indartao itu, trutu hadir pula semua pengurus KNPI Kabupaten dan kecamatan, pejabat Pemkab, segenap kepala desa di Kecamatan Sudimoro, dan juga dinas terkait di Pacitan.

Redaktur : Dwi Purnawan