Ini Dia Proses Pembuatan Sale Anggur Pacitan

oleh -133.238 views
Proses pembuatan sale
Proses pembuatan sale
Proses pembuatan sale
Proses pembuatan sale

Pacitanku.com, PACITAN—Sale Pacitan dikenal sebagai salah satu kuliner unik yang menarik untuk dinikmati. Kuliner yang memiliki bahan baku pisang ini ternyata sudah menjadi kuliner khas yang bisa menjadi alternatif oleh – oleh dan juga kue alami keluarga anda.

Proses pembuatannya pun tak rumit, yaitu dibuat dengan bahan pisang awak yang dipotong-potong kemudian dijemur di bawah sinar matahari langsung. Setelah kering, kemudian dipadatkan dan dibentuk kecil-kecil lalu dibungkus plastik di bagian luarnya.

Salah satu model sale pisang Pacitan, yakni sale anggur, dikemas dengan kertas krep warna warni, lalu diberi lapisan plastik bening lagi, hal tersebut dilakukan agar terlihat menarik, dan selanjutnya sale anggur yang sudah dilapisi plastik dirangkai dan terlihat seperti untaian buah anggur.

Sale anggur ini bisa bertahan hingga 5 bulan lamanya, dan semakin lama disimpan rasanya akan semakin legit dan manis. Sale anggur khas Pacitan juga bisa ditemui di tempat lain, termasuk di Bali dan kota besar lainnya. Harganya yang murah, tampilannya yang unik dan daya tahannya yang lumayan panjang membuatnya bisa jadi pilihan oleh-oleh jika sedang di Pacitan.

Saat ini banyak ditemukan di Pacitan sentra produksi rumahan Sale Pisang dengan bermacam – macam bentuknya, mulai dari anggur, gulungan kelereng, cumi – cumi, sampai dengan pisang lembaran seperti sale kebanyakan.

Selain kemasan yang beraneka macam dan berwana – warni, keunikan lain dari Sale Pacitan ini adalah rasa manis yang ditimbulkan, bukan berasal dari pemanis buatan, beberapa rumah produksi masih setia dengan pemanis alami dari pisang.

Produksi dan penyebarannya, masing – masing rumah produksi sale tersebut bukan hanya lokal Pacitan saja, akan tetapi sudah ada yang menyebarkan di wilayah luar kota, bahkan luar. Selamat menikmati sale Pacitan.

Redaktur : Dwi Purnawan

Foto : Antara