Takbiran Keliling Meriahkan Malam Lebaran di Pacitan

oleh -13792 views
Takbir Keliling Desa Kasihan
Takbir Keliling Desa Kasihan

Pacitanku.com, TEGALOMBO—Agenda Perayaan datangnya malam 1 Syawal yang ditandai dengan takbir menjadi lebih semarak setelah agenda takbir diadakan secara keliling. Agenda yang lebih sering disebut dengan takdir keliling ini nampak dilakukan di berbagai daerah di Kabupaten Pacitan, salah satunya di Kecamatan Tegalombo, Rabu (7/8) malam.

Sekitar 400 peserta takbiran dari Desa Kasihan, Kecamatan tegalombo berkeliling dan mengumandangkan takbir disepanjang jalananan di Ngebrak, Sidomakmur hingga di seputaran MIM Kasihan IV.

Menurut Misno, koordinator takbir keliling, pelaksanaan takbir ini adalah untuk menyemarakkan datangnya hari Raya Idul Fitri 1434 H. Dikatakannya, rata – rata yang turut larut dalam sukacita takbir keliling adalah anak muda dari Desa Kasihan.

“Ada rombongan sepeda motor, dan kita juga menyewa beberapa angkutan umum untuk membantu pelaksanaan takbir keliling ini. Untuk pesertanya sekitar 400an dari berbagai dukuh di Desa Kasihan,” kata Misno kepada Pacitanku.com, Rabu (7/8) malam.

Selain mengadakan takbir keliling, pelaksanaan Sholat Ied pun dilaksanakan di tempat terbuka agar semua warga di wilayah Kecamatan Tegalombo dapat bersilaturahmi bersama. (Dep/Pct)