Senangnya Mudik Bareng APPJABI ke Pacitan

oleh -724 views
Mudik bareng APPJABI foto gemari
Mudik bareng APPJABI foto gemari

Pacitanku.com, BEKASI—Mudik bareng ke kampung Halaman Pacitan sepertinya menjadi satu hal yang membahagiakan, seperti yang terjadi saat  “Mudik bareng nyang Pacitan” (mudik bareng ke Pacitan) yang dilakukan oleh anggota Asosiasi Pengusaha dan Pekerja Jasa Binatu (APPJABI). Sebanyak 464 mobil pribadi berangkat dari Mall Sumarecon Bekasi, Kamis (1/8) dilepas oleh mantan Menko Kesra Prof Dr Haryono Suyono, Ketua Paguyuban Warga Pacitan Dr Sudibyo Alimoeso, Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila, SH, dan sejumah orang penting lainnya. Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu juga ikut melepas keberangkatan warga Pacitan yang mudik ke kampung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Sekarang menjadi warga Pacitan merasa bangga dan tidak malu mengaku berasal dari Pacitan. Jadi ada perubahan sejak Pak SBY jadi Presiden. Putra Pacitan banyak yang jadi orang penting, ada yang jadi menteri seperti Prof Haryono Suyono, anggota DPR RI, banyak juga yang jadi rektor dan pejabat lainnya,” kata Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila, SH yang juga berasal dari kampungnya SBY kepada Pelita.

Laila mengaku bangga melihat warga Pacitan yang kini berhasil mengadu nasib di Jakarta dan lebih dari 600 yang sudah sukses menjadi pengusaha jasa binatu dan bisa menyerap tenaga kerja sekitar4 ribuan. “Ini kan luar biasa. Jadi, saya bangga melihat warga Pacitan sukses di perantauan.

Mantan Menko Kesra Prof Dr Haryono Suyono bukan saja bangga melihat warga Pacitan yang bisa mandiri bahkan bisa menciptakan lapangan pekerjaan di ibukota Jakarta. Dia pun membangun rasa kepedulian terhadap sesama, kegotongroyongan antara warga Pacitan yang sudah berhasil dengan warga Pacitan yang belum beruntung dan masih berada di kampungnya.

Haryono juga ikut memberdayakan masyarakat Pacitan melalui program Posdaya yang digulirkan melalui Yayasan Damandiri. “Sekarang sudah banyak sekali Posdayaposdaya di Pacitan dan sudah saatnya Pacitan bangkit. Pacitan mempunyai potensi wisata yang luar biasa, sekarang juga sedang dikembangkan wisata taman laut. Sehingga nanti akan dapat menyerap tenaga kerja, orang Pacitan harus bersiap-siap menjadi tuan rumah di wilayahnya sendiri. Jadi tidak perlu kerja di luar Pacitan,” ungkapnya. (Dep/Pelita)