Forum Peternak dan Petani Jateng Tolak Peraturan Kemendag Tentang Impor Sapi

oleh -13704 views
Aksi Petani foto dok/pacitanku0128
Aksi Petani foto dok/pacitanku0128

 Pacitanku.com, SEMARANG—Forum Peternak Jawa Tengah yang beranggotakan peternak sapi potong mengecam dan menolak rencana pemerintah untuk menstabilkan harga dengan mengimpor daging sapi potong. Hal itu seperti tertuang dalam keputusan Menteri Perdagangan Nomor 699/M-DAG/KEP/7/2013. Penolakan itu disampaikan oleh forum Petani jateng saat menggelar aksi bersama di kawasan Jalan Pahlawan, Kamis (1/8) di Semarang, Jawa Tengah.

Menurut Eko Dodi, perwakilan dari Kelompok Petani Subur Makmur Ambarawan, rencana pemerintah ini jelas menciderai semangat untuk menuju kedaulatan pangan yang dicita – citakan bersama sebagai visi Indonesia. “Ini adalah bentuk nyata pendzaliman Negara kepada rakyatnya, seperti kami (petani/peternak),” kata Dodi.

Semestinya, imbuh Dodi, pemerintah melalui kementerian terkait harus saling bersinergi untuk mensukseskan kedaulatan pangan Nasional, bukan malah membuat peraturan yang justru mematikan peternak sapi.

“salah satu contohnya adalah dengan melakukan penataan untuk akselerasi pembibitan sapi, bagaimana mampu mengoptimalkan peran BUMN menyelenggarakan kegiatan pembibitan sapi agar bermitra dengan petani,” katanya.

Aksi turun ke jalan ini diikuti oleh puluhan petani dan peternak dari Jawa tengah. Dalam aksinya, para peternak tersebut juga membawa seekor sapi dan seikat rumput sebagai simbol kedaulatan pangan Indonesia. (Dep/Pct)

Redaktur/Foto : Panji Munir