Unnes Konsisten Jaga Standar Mutu Pendidikan

oleh -0 Dilihat
Kampus Unnes (foto : dok/pacitanku.com)
Kampus Unnes (foto : dok/pacitanku.com)

Pacitanku.com, SEMARANG—Universitas Negeri Semarang (Unnes) terus konsisten menjaga standar mutu sebagaimana diamanatkan dalam ISO 9001 : 2008 dan IWA 2 : 2007. Hal itu terbukti dalam audit survilance yang dilakukan PT SGS Indonesia.

Dalam kesempatan itu, auditor tidak menemukan ada temuan major dan  hanya menemukan temuan minor di beberapa program studi yang disurvei. Audit survailance digelar PT SGS Indonesia Senin-Rabu (22-24/7) di seluruh unit dan supporting system di Unnes, memastikan sistem manajemen mutu berjalan efektif.

Ini adalah ketiga kalinya atau tahap keempat sejak Unnes menerima sertifikasi pada 2011. Audit akan terus dilakukan tiap semester untuk menjamin budaya mutu di Universitas Konservasi ini.

Sekretaris Badan Penjamin Mutu Unnes Agung Yulianto menjelaskan, mean assessment dilaksanakan oleh auditor dari PT SGS, badan sertifikasi yang berpusat di Jakarta. “Dalam pelaksanaannya, para auditor melakukan klarifikasi yang terkait dengan dokumen akademik, baik itu sasaran dan rencana mutu maupun prosedur mutu yang digunakan,” terang Agus seperti dikutip Suara Merdeka.

Disebutkan pula, auditor menggunakan metode yang berbeda ketika mendapatkan temuan. Ada yang menilai dari aspek administrasinya. Ada yang dari aspek pelaksanaan proses pembelajaran di kelas dan ada yang melihat bagaimana pelayanan di laboratorium serta aspek sarana prasarana pembelajaran.

Dari hasil Audit tersebut, Agung berharap adanya evaluasi diri terhadap pelaksanaan sistem manajemen mutu Unnes dan sebagai masukan dalam proses perbaikan berkelanjutan. (Dep/Pct)

Sumber : Suara Merdeka