Ratusan Warga Bandar Pacitan Belum Terima BLSM

oleh -252 views
Antri pengambilan BLSM di Pacitan foto by kawulo alit Facebook
Antri pengambilan BLSM di Pacitan foto by kawulo alit Facebook

Pacitanku.com,BANDAR—Pembagian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur belum seluruhnya sampai ke sasaran.

Antri pengambilan BLSM di Pacitan foto by kawulo alit Facebook
Antri pengambilan BLSM di Pacitan foto by kawulo alit Facebook

Di Kecamatan Bandar saja, masih ada 136 orang yang belum mengambil bantuan kompensasi pengurangan subsidi BBM tersebut.

“Banyak warga yang merantau ke luar negeri seperti Korea. Sebagian lainnya menderita sakit permanen sehingga tidak bisa mengambil ke kantor pos,” ujar Gunawan Camat Bandar seperti dikutip RRI belum lama ini.

Sebenarnya, lanjut Gunawan, pendistribusian BLSM di wilayahnya hampir tidak menemui kendala. Terbukti, dari total 5.337 calon penerima, hanya menyisakan 136 orang. Jumlah itu tersebar di seluruh desa. Namun jumlah terbanyak berada di Desa Petungsinarang, yakni 79 orang.

Untuk menyikapi persoalan tersebut, aparat setempat mengambil solusi alternatif. Sekda Mulyono bersama PT Pos Indonesia sepakat memberlakukan aturan, pengambilan dapat dilakukan oleh pihak lain. Syaratnya, nama pengambil harus tercantum di Kartu Keluarga penerima.

“Mereka (warga yang belum mengambil BLSM) diberikan kesempatan mengambil di PT Pos Indonesia Tegalombo sampai 2 bulan ke depan,” tandas Camat Bandar, Gunawan.

Terpisah, Bupati Pacitan Indartato berharap, pembagian BLSM di wilayah Kota 1001 Gua dilakukan dengan tetap mengacu ketentuan yang berlaku. Dengan begitu, potensi konflik yang mungkin terjadi dapat ditekan seminim mungkin. Karenanya, aparat di tingkat bawah diminta cakap menyikapi tiap persoalan. Demikian pula masyarakat diminta bersabar.

“Kuncinya adalah patuh pada regulasi. Insya Allah, semua selamat dunia akhirat,” ucapnya saat kunjungan kerja di Desa Gedompol, Kecamatan Donorojo. (Pct/RRI)