Siti Kholifah, sang bidan Penggagas Kelas Hamil

oleh -516 views

masDwi, pacitan– Maraknya kasus hamil di luar nikah ternyata menginspirasi seorang bidan untuk membuat satu terobosan yang menjadi prestasi dalam hdupnya. Namanya Siti Kholifah. Bidan desa itu membuat kelas hamil untuk mengedukasi para remaja putri tentang pentingnya gizi sekaligus risiko hubungan seks di luar nikah.

terobosan kelas hamil itu bermula saat seorangemaja putri yang baru duduk di bangku kelas 1 SMP mendatangi rumah Siti Kholifah. Dia muntah-muntah tak keruan. Siti pun langsung menduga bahwa remaja tersebut hamil. Bahkan, dia bisa mengira-ngira usia kehamilan remaja bernama samaran Partini itu.

“Saat itu, dia sudah hamil lima bulan,” kata Siti saat ditemui di Balai Kartini jakarta, kemarin (17/12).
Siti Kholifah datang di Jakarta setelah terpilih menjadi wakil Jawa Timur dalam kontes Srikandi Award 2012 untuk menyambut Hari Ibu tingkat nasional.
Ketika Siti memberi tahu orang tua Partini, bapak Partini langsung naik darah. Dia tidak percaya anak gadisnya yang masih bau kencur itu sudah hamil. Siti lalu meyakinkan si bapak dengan tes USG.
“Hasilnya sesuai dugaan saya, dia sudah hamil lima bulan. Setelah tes itu, bapaknya baru percaya,” kenang Siti.
Kasus Partini yang terjadi sekitar dua tahun lalu tersebut bukan sesuatu yang mengejutkan bagi Siti. Hampir setiap bulan dia menerima kabar adanya remaja putri yang hamil di desanya.
Berkat kerja keras dan perjuangannya mendidik ibu hamil di desanya tersebut, Siti menjadi nomine Srikandi Award 2012. Penghargaan itu diadakan untuk mengapresiasi para perempuan hebat pada setiap peringatan Hari Ibu.
“Saya sangat bangga dikirim ke Jakarta. Semoga kalau saya menang, hadiahnya bisa bermanfaat bagi para ibu hamil di desa saya,” katanya.
Sumber : jpnn.com/read/2012/12/18/150908/Siti-Kholifah,-Penggagas-Kelas-Hamil-di-Pacitan,-Nomine-Srikandi-Award-2012