Pantai Wawaran, Pantai Elok yang produktif

oleh -132.373 views
Laut di Pantai Wawaran. (Foto : Dok Pacitanku)
Laut di Pantai Wawaran. (Foto : Dok Pacitanku)
Laut di Pantai Wawaran. (Foto : Dok Pacitanku)
Laut di Pantai Wawaran. (Foto : Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG–Kecamatan Kebonagung adalah salah satu kecamatan di Pacitan diantara beberapa kecamatan lainnya yang berada pada wilayah garis Pantai Selatan. Selain memiliki pemandangan pegunungan yang indah, Kecamatan ini juga memiliki potensi besar di bidang perikanannya. Namanya adalah Pantai Wawaran

Pantai Wawaran, yang merupakan Pantai yang berada di wilayah Kecamatan Kebonagung adalah Pantai yang produktif dan prestatif dalam hal hasil ikannya. Pantai ini,selain memiliki panorama alam khas laut selatan yang indah dengan ombaknya yang besar, juga memiliki prodktifitas tinggi menghasilkan ikan yang berkualitas tinggi.

Pantai Wawaran ini merupakan sentra pengembangan penangkapan ikan laut yang telah mendapatkan penghargaan Presiden RI. Di bawah Koperasi Mina Upadi, usaha perikanan laut berkembang pesat dan mulai menerapkan modernisasi nelayan, seperti pemanfaatan GPS

Selain itu, Pantai yang memiliki cirri khas banyak bebatuan disana ini adalah sentra nelayan yang memenangkan Optimalisasi Penangkapan Ikan (Optikapi) Tingkat Nasional Tahun, 2005 dan sudah di gunakan sebagai acara si Bolang di Trans (acara tentang anak anak Indonesia dari seluruh negeri, tentang kehidupan sehari-hari).

Lokasi Pantai ini berada di dusun Wawaran yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia, panorama alamnya sangat menawan. Pantai ini juga memiliki Pasir Putih dan hamparan hutan bakau dan pohon nyiur di sepanjang pantainya, melengkapi keindahan alam di Kecamatan Kebonagung. Gelombang yang menerjang karang setiap saat di salah satu sisi tebing terjalnya, melengkapi keindahan pantai Wawaran. Lautnya dalam danberwarna biru, tidak jauh dari pinggir pantai tampak di bawah permukaan bongkahan batu karang yang timbul dan tenggelam dipermainkan oleh ombak khas Pantai Selatan.

Selain keelokan Pantainya,  Pantai ini pernah juga mengharumkan nama Kabupaten Pacitan serta Jawa Timur dengan prestasi yang ditorehkan Kelompok Nelayan Mina Upadi ketika menjadi juara lomba Optikapi (optimalisasi penangkapan) tingkat nasional pada tahun 2005 yang diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. Atas prestasinya itu, kelompok nelayan yang berdiri tahun 1987 dan beranggotakan 65 nelayan tradisional tersebut mendapat hadiah perahu berukuran 25 Gross Tons (GT).

Perjalanan ke Pantai ini, dari arah Pacitan menuju arah Kebonagung, ke arah timur, setelah jembatan ada pertigaan ke kiri (ada tulisan Kebon Agung, Pantai Wawaran) mengikuti jalan tersebut, hingga sampai ke Pantai Wawaran.

Pantai Wawaran yang masih alami menjadi pusat mata pencaharian bagi masyarakat sekitarnya telah menjadi nafas kehidupan bagi mereka.Selain pesona alamnya yang indah, pantai nan elok ini juga sangat produktif menghasilkan ikan – ikan yang berguna untuk kehidupan masyarakat sekitar.

Source : Buku Pacitan The Heaven Of Indonesia

Enhanced by Zemanta