Bakalan Keren, Festival Ronthek Pacitan 2024 Kolaborasikan Seniman Lokal dan Internasional

oleh -711 Dilihat
RAIH PENYAJI TERBAIK NON RANGKING. Ronthek Laskar Gajah Gumilap Arjosari meraih penghargaan 4 penyaji terbaik non rangking. (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, PACITANFestival Ronthek Pacitan (FRP) kembali akan digelar pada tahun 2024 ini. Rencananya, salah satu festival budaya terbesar di Pacitan itu digelar mulai Senin (15/7/2024) hingga Rabu (17/7/2024).

Pada edisi tahunn ini, FRP yang masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) kembali akan digelar di Jalan Jaksa Agung Suprapto dan Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Pacitan.

FRP tahun ini mengangkat tema “Seni Lan Tradisi Mamrih Raharjaning Nagri”, yang berarti “Seni dan Tradisi Membawa Kesejahteraan Negeri”.

Tema tersebut mencerminkan harapan akan kemajuan dan kemakmuran untuk Pacitan.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Pacitan, Turmudi dalam keterangannya kepada awak media, baru-baru ini mengungkapkan FRP menjadi bagian yang tak terpisahkan dari identitas budaya Pacitan.

“Kami yakin dengan berbagai hiburan yang sudah kami siapkan dan tawarkan, festival ini akan mampu menarik minat wisatawan dari berbagai daerah serta tentunya masyarakat lokal itu sendiri,”kata Turmudi.

View this post on Instagram

A post shared by DISPARBUDPORA PACITAN (@disparbudporapacitan)

Turmudi menambahkan, konsep event yang akan dihelat 15-17 Juli mendatang juga dimeriahkan sejumlah seniman lokal, seniman luar Pacitan, pegiat budaya desa hingga seniman luar negeri akan dilibatkan dalam pembukaan FRP 2024.

‘’Nanti juga ada seniman luar negeri yang akan tampil dalam pembukaan,”tukasnya.

Adapun special performance yang direncanakan tampil adalah Etno Ensemble ISI Surakarta, Calung Kontempore Arang Suwung Banyumasan, dan Trunthung Sanggar Dom Sunthil Merbabu Magelang.

Sementara untuk tampilan FRP tahun ini menghadirkan 21 peserta dari 12 kecamatan. Selain agenda utama pentas atau pertunjukan, Pemkab juga menyediakan event pendukung seperti pasar Krempyeng yang berisikan produk-produk masyarakat Pacitan di sekitar area venue utama.

No More Posts Available.

No more pages to load.