Tips dari Dokter Merawat Hewan Kurban Jelang Penyembelihan

oleh -125 Dilihat
Penjualan hewan kurban di Pasar Pon Pacitan tahun 2020 lalu. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN – Beberapa hari lagi, Masyarakat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah Idul Adha. Salah satu agenda penting dalam Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban.

Untuk memastikan proses penyembelihan hewan kurban berjalan lancar, dokter hewan di Pacitan membagikan tips untuk merawat hewan kurban jelang penyembelihan.

Dokter hewan Mahendra Setyo Hantoro meminta sedari awal masyarakat memastikan hewan yang akan digunakan untuk kurban telah laik untuk disembelih.

“Pastikan hewan yang digunakan saat kurban memilih yang kondisinya sehat. Tentunya semua akan berkait dengan perkembangan hewan,”kata Mahendra, Jumat (14/6/2024) di Pacitan.

Pria yang juga ketua PDHI Pacitan ini juga memberikan tips hewan dipastikan tidak sakit saat jelang disembelih.

“Kedua, hewan yang berisi atau gemuk dan tidak sakit saat disembelih, kemudian untuk tempat, memilih tempat yang bersih dan teduh sebagai kandang ternak jelang untuk kurban,”paparnya.

Mahendra mengungkapkan, hewan ternak boleh diberikan pakan yang cukup baik hijauan ataupun konsentratnya sebelum disembelih.

Selain itu, Mahendra juga menekankan apabila ditemukan gejala hewan kurban sakit, maka disarankan untuk menunda disembelih dan melaporkan pada dokter hewan terdekat. “Apabila muncul gejala-gejala sakit sebelum disembelih, segera melaporkan pada dokter hewan atau dinas terkait,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.