MIM Padi 03 Pacitan Gelar Persami Peringati Harlah Pancasila

oleh -209 Dilihat
MI Muhammadiyah Padi 03 Pacitan Gelar Persami Peringati Harlah Pancasila. (Foto: Dok)

Pacitanku.com, TULAKAN – Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Padi 03, yang terletak di Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, memperingati Hari Lahir Pancasila dengan menggelar Kemah Persami selama dua hari pada tanggal 1-2 Juni 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan siswa dan diisi dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk melatih keterampilan kepramukaan serta mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

Kepala Sekolah MI Muhammadiyah Padi 03, Bambang Sutaryo, menyatakan bahwa Kemah Persami ini merupakan kesempatan yang baik bagi siswa untuk memahami lebih dalam tentang makna dan tujuan Pancasila.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih kedisiplinan, kerjasama, dan semangat kebersamaan di antara siswa.

Dalam rangkaian acara Kemah Persami tersebut, berbagai kegiatan menarik telah disiapkan, termasuk upacara bendera, pembakaran api unggun, pentas seni, pemutaran film kebangsaan, petualangan alam, kegiatan bakti sosial, dan berbagai permainan seru.

“Semua kegiatan ini dilaksanakan di lapangan Bumi Perkemahan Rt 01 Rw 13, Dusun Tumpang, Desa Padi, Kecamatan Tulakan,”katanya.

Bambang mengharapkan acara ini dapat menjadi momen berharga bagi siswa MI Muhammadiyah Padi 3 untuk lebih memahami nilai-nilai Pancasila secara praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, dengan mengikuti kegiatan persami, siswa juga dapat mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan jiwa petualang yang akan membantu mereka dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

“Dengan mengikuti kemah kemarin dua hari harapan kami siswa lebih mendalami nilai-nilai Pancasila dan bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tentu ini menjadi bekal selain pendidikan dalam kelas juga lapangan, kami yakin siswa-siswa ini menjadi penerus bangsa yang dapat membanggakan orang tua, sekolah dan negara,”ungkapnya.

Partisipasi siswa dalam kegiatan ini juga menunjukkan semangat mereka untuk aktif terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Dengan demikian, selain dari aspek akademis, siswa juga mendapatkan pengalaman berharga dalam mengembangkan karakter dan kepribadian yang kuat.

Kemah Persami yang diadakan oleh MI Muhammadiyah Padi 3 ini menjadi bukti nyata dari komitmen sekolah dalam membentuk generasi muda yang memiliki kesadaran akan pentingnya nilai-nilai Pancasila serta keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin masa depan yang tangguh dan berintegritas.