Antisipasi Penyebaran Penyakit Menular, Pemkab Pacitan Gelar Pemeriksaan Hewan di Pasar Pon

oleh -160 Dilihat
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pacitan melakukan pemeriksaan hewan di Pasar Pon. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Tiga pekan jelang pelaksanaan Idul Qurban 2024, proyeksi kenaikan lalu lintas hewan antar daerah semakin meningkat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pacitan melakukan pemeriksaan hewan di Pasar Pon.

Kegiatan itu dilakukan untuk mengantisipasi persebaran penyakit menular pada hewan ternak dan kelaikan potong hewan ternak.

Petugas dari DKPP Pacitan, Mahendra Setyo Hantoro mengatakan, hal tersebut guna memastikan kondisi hewan kurban yang akan di lalu lintaskan ke luar kabupaten atau luar provinsi terjamin kesehatannya.

“Kami harus memastikan kondisi hewan qurban yang akan di lalu lintaskan ke luar kabupaten Pacitan,”kata Mahendra, Sabtu (1/6/2024) di Pacitan.

Sejumlah hasil diperoleh dalam kegiatan pemeriksaan tersebut. Seperti misalnya ada dua hewan ternak yang belum laik untuk di lalu lintaskan karena sakit pada hewan ternak.

“Ada 2 ekor sakit yang langsung diberikan vitamin agar bisa sehat ada 32 ekor yang kita izinkan untuk di lalu lintaskan,”tandasnya.

Mahendra menuturkan, kegiatan pemeriksaan ini diikuti oleh petugas Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Pacitan dalam rangka pendampingan pedagang hewan.

Lebih lanjut, Mahendra mengatakan jika kegiatan tersebut akan dilakukan secara rutin hingga menjelang idul qurban.

“Kegiatan ini akan dilakukan rutin hingga menuju idul qurban guna memastikan ternak Pacitan sehat dan dapat bersaing dengan daerah lain,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.