Menyaksikan Keindahan Sunrise dari Bukit Tompe Pringkuku

oleh -476 Dilihat
MENIKMATI SUNRISE. Wisatawan menikmati sunrise bukit Tompe, tamanasri Pringkuku, Pacitan. (Foto: Resi Wulandari/Pacitanku)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Pesona alam Pacitan memang tiada duanya. Keindahan pegunungan berpadu dengan pesona alam dan pantainya begitu memanjakan mata.

Salah satu yang bisa Anda nikmati saat ke Pacitan adalah saat menikmati suasana pagi, terutama jelang matahari terbit dari bukit Tompe, yang terletak di Dusun Tumpak, Desa Tamanasri, Kecamatan Pringkuku.

Selain Sentono Genthong di Dadapan, Pringkuku, Bukit Tompe di Tamanasri ini menjadi salah satu destinasi menikmati sunrise atau matahari terbit terbaik di Pacitan.

Dari ketinggian ini, Anda bisa menyaksikan keindahan pagi, awan yang berarak dari bukit serta menantikan detik-detik sang mentari keluar dari peraduannya.

Keindahan awan berarak di Bukit Tompe. (Foto: resi Wulandari/Pacitanku)

Hamparan perbukitan hijau yang berpadu dengan birunya langit mejadi suguhan yang cukup menggiurkan bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini.

Saat memandang dari tepi bukit, mata Anda akan melihat panorama wilayah Arjosari dan Pacitan wilayah Kecamatan Pacitan sebagian.

Jika berkunjung pagi hari dan sedang beruntung, Anda akan dimanjakan dengan panorama mirip negeri di atas awan.

Karena hamparan awan dan kabut pada pagi hari begitu indah. Tak heran banyak yang menjadikan kawasan ini jujugan untuk menikmati pagi, lengkap dengan keindahannya.

Saat Pacitanku.com berkunjung ke Bukit Tompe, sejumlah wisatawan sedang menikmati keindahan bukit tersebut. Mereka juga membawa tenda untuk berkemah di perbukitan yang terletak di antara batas Kecamatan Pringkuku dan Kecamatan Arjosari ini.

TEMPAT SWAFOTO. Sejumlah gazebo dibangun untuk wisatawan di kawasan bukit Tompe. (Foto: Resi Wulandari/Pacitanku)

Sadar akan potensinya yang luar biasa, warga setempat beberapa tahun belakangan mulai mengelola menjadi salah satu destinasi wisata baru di Pacitan.

Pada Selasa 24 Oktober 2024 lalu, kawasan ini mulai dibangun Bukit Tompe Water Boom sebuah obyek wisata buatan yang berada di kaki Bukit Tompe Desa Tamanasri Kecamatan Pringkuku. Destinasi yang dikelola oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Tamanasri itu diresmikan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji.

Selain kolam air dengan wahana air yang mengasyikkan juga disediakan sarana bermain anak. Bukit tompe yang memiliki panorama indah ini juga bisa dinikmati pengunjung sambil duduk santai di gazebo-gazebo sambil berswafoto.

Saat ini, destinasi ini pelan-pelan mulai ditata. Akses menuju ke lokasi juga sudah bisa dijangkau oleh mobil, bila ingin melihat keindahan bukit hanya jalan beberapa meter dari parkiran sudah sampai dipuncaknya.

WATERPARK. Dibangun waterpark di kawasan bukit Tompe untuk wisatawan. (Foto: Resi Wulandari/Pacitanku)

“Awalnya orang-orang sekitar melihat kabutnya bagus sehingga tahun demi tahun ada event dari desa lalu dibangun wisata,”kata Didik, salah satu warga setempat dan penjaga loket masuk, Rabu (22/5/2024).

Lebih lanjut, Didik juga menceritakan, nama bukit tompe ini memang awal nama dari tempatnya adalah hutan tompe. Dan mulai tahun tahun 2022 tempat wisata ini terbentuk dengan banyaknya fasilitas yang ada.

“Fasilitas yang sekarang ini baru kolam renang, UMKM daerah, toilet serta parker yang luas. Selain itu disediakan beberapa sport foto yang menarik dan digunakan untuk camping,”jelas Didik.

Destinasi wisata bukit Tompe ini mulai diuka dari mulai subuh sekitar jam 05.00 WIB. Para pengunjung, kata Didik, sudah ramai yang datang untuk menyaksikan matahari terbit.

“Dan biaya masuknya juga terjangkau per karcis dihargai Rp.2.000 saja dan untuk biaya parkir juga Rp. 2.000, biasanya untuk ramai tempat ini di hari libur karcis bisa terpakai sekitar 100 lebih pengunjung,”pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.