Ini Pandangan Tokoh Kesehatan Terkait Pilbup Pacitan 2024

oleh -621 Dilihat
Tokoh kesehatan Pacitan dr Warkim Sutarto. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Tokoh kesehatan Pacitan dr Warkim Sutarto memiliki pandangan terkait pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Pacitan tahun 2024.

Pria yang merupakan pemilik salah satu rumah sakit (RS) swasta di Pacitan ini menilai kondisi jelang Pilbup Pacitan saat ini cenderung landai.

“Memang saya lihat peminatnya (calonnya) masih sedikit, (penyebabnya) apakah tidak ada yang berani menandingi calon dari Partai Demokrat, atau memang tidak ada figur yang potensial, atau masih memantau situasi dan kondisinya, kami belum tahu,”kata dr Warkim, Senin (20/5/2024) di Pacitan.

Lebih lanjut, dr Warkim menilai semakin banyak calon maka akan meningkatkan kualitas demokrasi di Pacitan.

“Sebenarnya semakin banyak calon kepala daerah maka demokrasi di Pacitan akan makin bagus,”tukas pria yang juga calon anggota legislatif (caleg) DPRD Pacitan terpilih periode 2024-2029 ini.

Namun demikian, secara khusus, dr Warkim akan mendukung Indrata Nur Bayuaji melanjutkan kepemimpinan di periode kedua.

“Saya sendiri mendukung Mas Aji melanjutkan kepemimpinannya,”pungkasnya.

Sebagai informasi, Pilbup Pacitan akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. Di Pacitan, dari semua parpol pemilik kursi DPRD, hanya Partai Demokrat yang memenuhi syarat mengusung pasangan calon sendiri. Sementara, 8 parpol lainnya harus berkoalisi untuk mengusung paslon.

Sebab, berdasarkan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, serta wali kota dan wakil wali kota perlu memiliki 20 persen jumlah kursi DPRD untuk mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah.

Di Kabupaten Pacitan, dengan total kursi DPRD sebanyak 45, maka memerlukan minimal 9 kursi sebagai ambang batas minimal pencalonan Bupati dan Wakil Bupati.

Dari 9 Parpol pemilik kursi DPRD Pacitan tahun 2024, hanya Partai Demokrat yang bisa mencalonkan kepala daerah secara mandiri.

Sementara, 8 parpol lainnya harus berkoalisi untuk memajukan calon kepala daerah pada 27 November 2024 mendatang, yakni Partai Golkar (7 kursi), PDIP (6 kursi), PKB (5 kursi), Nasdem (2 kursi) PPP (2 kursi), PKS (2 kursi), Hanura (2 kursi) dan Gerindra (1 kursi).

Dari 8 parpol diluar Partai Demokrat, baru 3 Parpol yang sudah menentukan sikap politiknya, yakni PPP, Hanura dan Gerindra.

Tiga Parpol dengan total 5 kursi DPRD itu resmi mengusung bakal calon dari Partai Demokrat, yakni Rakhman Wijayanto sebagai Bacawabup Pacitan pada Pilbup 2024 mendatang.

Sedangkan Golkar, PDIP, PKB, Nasdem dan PKS belum menentukan sikap politiknya dalam Pilbup Pacitan. (DP)

No More Posts Available.

No more pages to load.