Jemaah Haji Pacitan Jalani Rangkaian Ibadah di Madinah Al Munawarroh

oleh -570 Dilihat
Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Pacitan Mutongin. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Hampir sepekan setelah pemberangkatan, ratusan jemaah haji asal Pacitan masih menjalani rangkaian ibadah haji di kota Madinah Al Munawarroh, Arab Saudi.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pacitan Mutongin saat dikonfirmasi Pacitanku.com Minggu (19/5/2024) mengungkapkan sejumlah kegiatan rangkaian ibadah haji tengah dijalani jemaah haji asal Pacitan.

“Saat ini jemaah haji Pacitan masih di Madinah, untuk kegiatannya antara lain shalat Arba’in dan ziarah ke tempat-tempa bersejarah, termasuk ke taman Roudlah atau di kompleks makam Rasulullah SAW,”kata Mutongin.

Diketahui, Pacitan sendiri pada tahun 2024 ini memberangkatkan 306 jamaah calon haji yang tergabung dalam kloter SUB-15 bersama rombongan dari kabupaten dan kota lain di Jawa Timur.

Baca juga: Kabar Duka, Satu Jemaah Haji Asal Pacitan Meninggal di Madinah

Sebanyak 306 jemaah haji asal Pacitan tersebut terbang menuju ke tanah suci pada Rabu (15/5/2024).

Hampir sepekan menjalani rangkaian ibadah, satu Jemaah haji asal Pacitan juga dilaporkan meninggal dunia, yakni atas nama Imam Turmudi, warga Desa Semanten, Kecamatan Pacitan.

Mutongin mengungkapkan Imam Turmudi meninggal dunia di Rumah Sakit (RS) Al Haram Madinah Almunawarroh. Imam Turmudi meninggal dunia karena sakit jantung.

“Untuk kronologi satu Jemaah haji pacitan meninggal dunia pada Minggu, Dimana pada pukul 01.00 WAS terkena serangan jantung di hotel, kemudian dibawa ke Al Haram Madinah pukul 01.45 WAS, dan pukul 02.16 WAS meninggal dunia,”pungkasnya.

Berdasarkan informasi dari Kemenag RI, jemaah haji gelombang pertama akan mulai didorong dari Madinah Al-Munawwarah ke Makkah Al-Mukarramah mulai Senin (20/5/2024).

Sebelum ke Makkah, jemaah dari Madinah akan ambil Miqat Umrah terlebih dahulu di Masjid Dzilhulaifah atau Bir Ali.

No More Posts Available.

No more pages to load.