Sempat Jadi Desa Krisis Air Bersih, Bupati Pacitan Apresiasi Wonogondo Jadi Desa Surplus Air Bersih

oleh -478 Dilihat
KOLAM RENANG WISATA. Bupati Pacitan bersama warga saat silaturahmi dalam acara Safari Ramadan Pemerintah Kabupaten Pacitan di Dusun Pagotan, Desa Wonogondo, Jumat (15/3/2024). (Foto: Dok. Prokopim Pacitan)

Pacitanku.com, KEONAGUNG – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji memberikan apresiasi khusus kepada Desa Wonogondo, Kecamatan Kebonagung atas keberhasilannya sebagai desa mandiri.

Desa yang dulunya menjadi salah satu wilayah krisis air bersih tersebut kini berubah menjadi desa surplus air.

Penegasan tersebut disampaikan Bupati, saat silaturahmi dalam acara Safari Ramadan Pemerintah Kabupaten Pacitan di Masjid Al-Iman di Dusun Pagotan, Desa Wonogondo, Jumat (15/3/2024).

Saat ini desa yang juga menjadi sentra industri batu bata tersebut telah berhasil mengelola sumber daya alam berupa sumber mata air alam untuk kemanfaatan warga.

Bahkan, tidak sekedar untuk kebutuhan air baku, debit air yang melimpah juga dimanfaatkan pemerintah desa setempat untuk memenuhi kebutuhan kolam renang wisata.

“Ini adalah ikhtiar luar biasa dari kepala desa beserta aparat yang didukung masyarakat dan berjalan dengan kompak,”kata Bupati, mengutip siaran pers Prokopim Pacitan.

Keberhasilan Desa Wonogondo menurut Bupati layak mendapat apresiasi lebih dengan harapan desa-desa lain dengan persoalan serupa bisa meniru.

Sehingga, kata dia, akan semakin banyak desa mandiri di Pacitan yang bisa menuntaskan persoalanya sendiri untuk kesejahteraan masyarakat.

Desa Wonogondo menjadi lokasi kedua safari ramadan Bupati dan rombongan. Acara dimulai dengan tahlil dan maulidul rasul, mauidloh hasanah dilanjutkan buka puasa bersama serta salat maghrib, isya’ dan tarawih berjamaah.

Dalam kesempatan tersebut Mas Aji menyerahkan santunan untuk anak yatim piatu, bantuan sembako untuk keluarga kurang beruntung dan bantuan untuk masjid.

No More Posts Available.

No more pages to load.