Rahasia Membuat Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau untuk Hidangan Hari Raya

oleh -54 Dilihat
https://pixabay.com/photos/skewer-white-chicken-white-chicken-3440006/.

Pacitanku.com, PACITAN — Salah satu hidangan yang paling ditunggu-tunggu saat lebaran adalah sate kambing. Rasanya yang lezat dengan aroma yang khas membuat hidangan ini begitu special dihidangkan saat hari raya. Namun, membuat sate kambing empuk dan tidak bau ada triknya tersendiri.

Pasalnya, jika Anda salah dalam proses memasaknya, daging kambing bisa keras dan bau ‘prengus’. Menurut Chef Haryo Pramoe, dengan teknik pengolahan daging yang tepat, maka Anda bisa mendapatkan daging kambing yang empuk dan enak.

Rahasia Membuat Sate Kambing Empuk dan Tidak Bau untuk Hidangan Hari Raya

Untuk mengolah sate kambing agar tidak alot dan tidak berbau prengus, ada cara mudah yang bisa dipraktikkan di rumah. Misalnya, Anda bisa menggunakan daun pepaya dan jangan mencucinya. Ingin tahu lebih banyak rahasia membuat sate kambing yang anti alot dan tidak berbau prengus? Berikut ini adalah ulasannya:

1. Pilih Daging Kambing yang Tepat

Salah satu hal penting dalam pembuatan sate kambing adalah dengan memilih bagian daging kambing yang tepat. Bagian kambing yang direkomendasikan adalah paha belakang, has dalam, dan punggung. Pasalnya, bagian kambing tersebut paling empuk sehingga mudah diolah.

Kemudian, umur kambing juga akan mempengaruhi kualitas daging. Kambing muda seringkali dipilih karena dagingnya lebih empuk dan tidak prengus. Sementara, kambing dewasa cenderung alot dan berbau.

2. Hindari Memotong Daging Terlalu Tebal

Saat memotong kambing untuk sate, jangan memotongnya terlalu tebal. Hal ini dilakukan agar daging cepat matang dan empuk ketika di grill. Pasalnya, daging kambing memiliki banyak urat sehingga rentan keras saat matang. Jika potongan daging kambing tersebut tebal, maka alotnya akan semakin terasa.

3. Hindari Mencuci Daging

Untuk membuat sate kambing empuk dan tidak bau, hindari mencuci daging. Pasalnya, hal ini malah memicu daging kambing mengeluarkan bau tidak sedap. Namun, agar daging yang dikonsumsi tetap higienis, Anda bisa membersihkan kotoran dan darah dengan tangan, lap basah, ataupun menggunakan tissue dapur. Kemudian, daging kambing tersebut dapat langsung diolah.

4. Bungkus Daging dengan Daun Pepaya

Jika Anda ingin daging kambing terasa empuk, cobalah untuk membungkusnya dengan daun pepaya. Caranya mudah, yakni dengan mengambil 2 lembar daun pepaya, remas-remas, dan bungkus daging kambing yang sudah dipotong-potong tersebut dengan daun pepaya.

Biarkan kurang lebih 15 menit agar hasilnya maksimal. Jika Anda sudah menggunakan cara ini, jangan menggunakan nanas karena akan membuat daging kambing hancur ketika dibakar.

5. Pilihlah Bumbu Aromatik dan Asam untuk Marinasi

Untuk menghasilkan sate kambing yang lezat, pilihlah bumbu aromatik dan juga asam untuk marinasi daging kambing tersebut. Atau, Anda juga bisa merendamnya dengan air kelapa selama 10-15 menit untuk menghilangkan bau prengus.

Anda bisa memilih bumbu dengan aroma yang kuat, seperti bawang putih, daun jeruk, ketumbar. Atau, bumbu dengan rasa asam, seperti air asam atau air jeruk untuk menambah cita rasanya. Caranya yakni dengan menghaluskan bumbu tersebut dan rendam daging selama 1 jam agar bumbunya meresap. Kemudian, tusuk daging tersebut dan siap dibakar.

6. Bakar dengan Api Sedang

Sebelum dibakar, olesi daging dengan bumbu marinasi tersebut dan tambahkan kecap dan sedikit minyak. Pastikan menggunakan api sedang saat membakar sate agar daging tidak alot dan matang sempurna. Kemudian, bakarlah secara perlahan dan merata agar tidak gosong permukaan luarnya.

Itulah tips membuat sate kambing empuk dan tidak bau yang bisa dicoba dengan mudah di rumah. Jika Anda ingin membuat sate untuk hidangan lebaran namun belum memiliki alatnya, Anda bisa membeli alat grill di Blibli. Pasalnya, Blibli menyediakan beragam alat grill yang bisa memenuhi kebutuhan memasak Anda.

Jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai promo, diskon, flash sale, dan voucher cashback-nya agar Anda mendapatkan harga terbaik. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, beli alat grill di Blibli untuk menyajikan hidangan yang lezat untuk keluarga saat lebaran nanti.

No More Posts Available.

No more pages to load.