Mojensu Pakisbaru Pacitan Hadirkan Diorama Perjalanan Sang Jenderal

oleh -833 Dilihat
Mojensu Pakisbaru Pacitan Hadirkan Diorama Perjalanan Sang Jenderal. (Foto: Destyo Dwi Pamungkas/Pacitanku)

Pacitanku.com, NAWANGAN – Destinasi wisata Monumen Jenderal Soedirman (Mojensu) di Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan, Pacitan kini semakin lengkap dengan hadirnya diorama atau miniatur tiga dimensi.

Diorama baru tersebut menggambarkan perjalanan hidup dan perjuangan Jenderal Soedirman, salah satu pahlawan nasional Indonesia.

Diorama baru ini menampilkan momen-momen penting dalam kehidupan Jenderal Soedirman, termasuk masa kecilnya, peranannya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, serta karier militernya yang gemilang.

Selain itu, pengunjung dapat melihat visualisasi yang mendetail dari peristiwa-peristiwa bersejarah yang melibatkan Jenderal Soedirman, seperti pertempuran 5 hari di Semarang dan pertempuran Ambarawa.

Mojensu Pakisbaru Pacitan Hadirkan Diorama Perjalanan Sang Jenderal. (Foto: Destyo Dwi Pamungkas/Pacitanku)

Penjaga di Mojensu Pakirbaru, Juanto, saat ditemui pada Kamis (29/2/2024) mengatakan pengelola Mojensu berkomitmen untuk terus membuka diorama ini pada hari Sabtu dan Minggu.

“Tentunya agar lebih banyak orang memiliki kesempatan untuk mengalami dan mempelajari perjalanan hidup Jenderal Sudirman serta perjuangan bangsa dalam merebut kemerdekaan,”kata Juanto.

Juanto berharap dengan fasilitas baru di Mojensu tersebut, bisa semakin menambah kunjungan ke destinasi yang kini resmi dikelola oleh Pemkab Pacitan.

“Kami berharap dengan ketersediaan waktu pada akhir pekan, lebih banyak keluarga dan pelajar dapat mengunjungi Monumen Jenderal Sudirman dan memperdalam pemahaman mereka akan sejarah Indonesia,”jelasnya.

Melia, salah satu pengunjung Mojensu mengungkapkan keberadaan diorama itu membuat pengunjung menjadi lebih dekat dengan perjuangan sang jenderal besar.

Mojensu Pakisbaru Pacitan Hadirkan Diorama Perjalanan Sang Jenderal. (Foto: Destyo Dwi Pamungkas/Pacitanku)

“Ini sangat mengesankan. Saya merasa lebih dekat dengan sejarah dan menghargai perjuangan yang dilakukan oleh Jenderal Sudirman dan para pejuang kemerdekaan lainnya setelah melihat diorama ini,”kata Melia.

“Dengan adanya diorama baru ini, diharapkan Monumen Jenderal Sudirman dapat menjadi destinasi wisata sejarah yang lebih menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara, serta memperkokoh rasa kebanggaan akan warisan sejarah bangsa Indonesia,”pungkasnya.

Video Mojensu dan Cerita Perjuangan Gerilya Jenderal Soedirman di Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.