Pelaku UMKM di Pacitan Didorong Bidik Peluang Ekspor Produknya

oleh -4024 Dilihat
Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian kembali gelar pelatihan kepada para pelaku usaha lokal Pacitan pada Rabu (15/11/2023) di Aula Gedung PLUT KUMKM Pacitan. (Foto: Sulthan Shalahuddin/pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian kembali gelar pelatihan kepada para pelaku usaha lokal Pacitan pada Rabu (15/11/2023) di Aula Gedung PLUT KUMKM Pacitan.

Pelatihan dan workshop kali ini mengundang pelaku usaha yang mempunyai produk yang berpotensi untuk pasar ekspor, baik di bidang kuliner dan kriya. Dengan narasumber dari PT Indo Bumi Lavanaa.

PT Indo Bumi Lavana sebagai narasumber diminta untuk sharing pengetahuan mengenai dunia ekspor sesuai dengan pengalaman yang selama ini sering dilakukan.

Workshop ekspor ini sendiri bertujuan memberikan pemahaman kepada UMKM tentang pentingnya produk dan komoditas ekspor yang harus pahami seperti administrasi yang harus dipersiapkan serta kelengkapan lainnya terkait ekspor serta pentingnya komunikasi dengan pihak trader dalam hal ini seperti dari Indo Bumi Lavana.

Direktur PT IBL Mayang Anggun Meyresmala selaku pun banyak memberi masukan kepada para peserta untuk saling menyamakan visi dan semangat supaya tidak minder atau rendah diri.

Mayang juga mendorong para peserta lebih jeli melihat peluang atau potensi yang ada di sekitar mereka.

“Saya melihat kalau di Pacitan ini masih belum memiliki data rinci terkait potensi di setiap daerahnya. Dengan acara seperti ini saya sebagai off taker jadi terbantu untuk menemukan potensi produk yang sekiranya berpotnsi untuk bisa diekspor. Selain tentunya menyamakan visi dan cara pandang masyarakat terkait dunia ekspor,”kata Mayang.

Sementara, salah satu peserta Dwi Puji Astuti mengaku dapat banyak insight baru dari materi yang disampaikan. Ia jadi lebih mengerti jalur-jalur untuk bisa ekspor produk yang dimilikinya, minuman herbal dengan merk Yoris.

“Dengan pelatihan ini, saya jadi makin paham jalur-jalur serta masukan untuk produk kami bisa masuk ke pasar yang lebih luas. Untuk saat ini alhamdulillah sedang proses masuk di salah satu marketplace luar negeri,”ujar Puji, sapaan akrabnya.

Sebagai penutup dari kegiatan ini, dinas membentuk komunitas pra ekspor yang dibuat sebagai wadah komunikasi seputar ekspor dan info kegiatan bagi UMKM di Pacitan.

No More Posts Available.

No more pages to load.